5 Tips Traveling di Tengah Covid-19, Riset hingga Siapkan Masker Cadangan

Okezone.com ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 19:30 WIB
5 Tips Traveling di Tengah Covid-19, Riset hingga Siapkan Masker Cadangan

Tips travelling (Foto : Frepik)

JAKARTA, iNews.id - Protokol kesehatan di sektor pariwisata sudah diresmikan. Beberapa tempat wisata kembali dibuka. Sudah saatnya Anda menyiapkan daftar objek wisata yang akan dikunjungi.

Meskipun demikian, ada sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipatuhi wisatawan. Wisatawan diminta untuk melakukan persiapan yang matang demi mencegah penularan Covid-19.

Jika Anda berencana melakukan perjalanan atau penerbangan selama pandemi Covid-19, para ahli kesehatan telah membagikan beberapa tips traveling aman untuk menghindar dari paparan virus corona. Berikut ulasannya, dilansir dari NewsObserver, Rabu (24/6/2020).

Lakukan riset singkat

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apakah destinasi yang Anda tuju aman dari pandemi Covid-19? Bila kasus positif di destinasi tersebut terbilang tinggi, lebih baik rencanakan ulang perjalanan Anda. Karena tidak ada tempat yang lebih aman selain tinggal di rumah sendiri.

Bawa handsanitizer dan disinfektan

Mungkin terdengar klise, namun benda ini dapat digunakan sebagai pengganti sabun dan air ketika Anda kesulitan menemukan wastafel, atau bahkan toilet. Selain itu, tidak ada salahnya membawa disinfektan bila Anda memutuskan untuk traveling menggunakan kendaraan pribadi. Bersihkan permukaan yang sering disentuh seperti setir dan gagang pintu.

Selalu bawa masker cadangan

Selama perjalanan, Anda tentu membutuhkan waktu beristirahat. Bagi yang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang maupun kereta, para ahli kesehatan merekomendasikan untuk membawa masker cadangan. Alat pelindung diri ini harus selalu dipakai saat berada di tempat umum di mana potensi paparan Covid-19 terbilang tinggi.

Atur jadwal

Khusus di tempat-tempat umum seperti pasar dan kamar kecil, para ahli merekomendasikan untuk berkunjung pada waktu-waktu tertentu untuk menghindari kerumunan massa. Anda bisa datang di pagi hari, atau tepat sesaat pasar dibuka. Tentunya jumlah pengunjung belum terlalu padat seperti di jam-jam sibuk antara pukul 07.00– 10.00 pagi waktu setempat.

Bawa bekal dan obat

Siapkan bekal makanan dan air yang cukup untuk perjalanan Anda. Disarankan membawa makanan yang tidak cepat basi, sebagai persiapan bila nantinya tidak ada restoran atau tempat makan buka. Jangan lupa membeli obat-obatan yang sekiranya dapat menunjang perjalanan Anda.

Editor : Vien Dimyati