5 Tradisi Unik Idul Adha Berbagai Negara, Mandikan Kurban hingga Mengecat Rambut

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 07:04 WIB
5 Tradisi Unik Idul Adha Berbagai Negara, Mandikan Kurban hingga Mengecat Rambut

Tradisi Idul Adha Berbagai Negara (Foto : iexplore)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Idul Adha menjadi momen paling ditunggu umat Muslim di dunia. Ada banyak tradisi unik yang dilakukan untuk merayakan Idul Adha.

Tradisi Idul Adha di Indonesia biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat dengan memasak sate kambing bersama keluarga maupun teman di lingkungan tempat tinggal. Tradisi ini tidak hanya terjadi di Tanah Air saja, sejumlah negara di dunia juga memiliki aktivitas unik.

Lantas apa saja aktivitas unik merayakan Idul Adha di berbagai negara? Berikut rangkuman iNews.id, Jumat (31/7/2020).

1. Arab Saudi

Sebagai salah satu negara mayoritas beragama Islam, Arab Saudi memiliki tradisi Idul Adha menyembelih hewan kurban unta dan membagikannya kepada masyarakat. Wajar, karena unta memang banyak dijumpai di negara dengan sebutan Tanah Suci tersebut.

2. Pakistan

Tradisi unik negara lain saat Idul Adha ada di Pakistan di mana warganya akan memandikan hewan kurban sebelum disembelih. Hal ini dilakukan agar hewan kurban tersebut tidak stres sebelum dipotong.

Selain itu, pemerintah Pakistan juga akan memberikan hari libur kepada masyarakat selama empat hari.

3. Uni Emirat Arab

Selain Lebaran Idul Fitri, masyarakat Uni Emirat Arab saat Lebaran Idul Adha juga akan memakai baju baru. Sementara kaum wanita akan mengecat warna rambut serta memakai Henna di tangan.

4. Maroko

Masyarakat Muslim Maroko biasanya merayakan Lebaran Idul Adha dengan menyajikan hidangan khusus yang terbuat dari daging, seperti kambing, domba, dan sapi.

Tak hanya daging, beberapa masyarakat Muslim Maroko juga ada yang menyajikan kue spesial dan permen. Makanan tradisional Maroko seperti herbol yang dibuat dari gandum dan susu, Boulfaf, dan Mrouzia, ikut terhidang di atas meja makan saat Idul Adha.

5. Inggris

Keunikan lain saat Lebaran Idul Adha juga terdapat di Inggris. biasanya masyarakat mengadakan pasar malam satu minggu sebelum Idul Adha. Selain itu, masjid-masjid di Inggris juga mengadakan studi atau kuliah singkat tentang sejarah dan budaya Islam.

Editor : Vien Dimyati