Ada Keukenhof Belanda di Bantul, Taman Warna-warni Bunga Matahari

Vien Dimyati ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 13:34 WIB
Ada Keukenhof Belanda di Bantul, Taman Warna-warni Bunga Matahari

Kebun Bunga Resoinangun Garden Yogya (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menjelajahi Bantul. Kabupaten yang terkenal dengan Pantai Parangtritisnya ini ternyata memiliki taman bunga yang mirip dengan Keukenhof di Belanda.

Taman ini dipenuhi bunga cantik berwarna-warni. Tidak sedikit wisatawan datang untuk mengabadikan foto di sini. Taman tersebut bernama Resoinangun Garden. Objek wisata ini berupa kebun bunga di pesisir pantai selatan Yogyakarta. Tepatnya di Jalan jalur lintas selatan (JJLS), timur TPR Pantai Samas, kanan jalan New Garden.

"Keukenhof rasa lokal. Kebun bunga indah ini ada di Indonesia lho, tepatnya di Bantul Yogyakarta. Kebun yang bernama Resoinangun Garden (ig : @resoinangun_garden) terletak di selatan Yogyakarta kira-kira 30 km dari pusat Kota Yogyakarta, hampir ke tepian pantai. Saat masuk gerbang utama dikenakan HTM Rp5000/orang untuk masuk 1 wilayah termsuk pantai. Di dalamnya terdapat beberapa taman bunga (HTM masing-masing berbeda), untuk ke Resoinangun belok ke arah kiri, tamannya ada di kanan jalan. HTM untuk taman ini Rp8000/orang, waktu tidak dibatasi dan dipinjamkan topi (yhaa kalo siang panas banget, buat pelindung dari sinar matahari atau properti foto). Tanaman utama di taman ini adalah bunga Celosia dan bunga Matahari. Ada juga bunga-bunga lainnya yang saya tidak hafal namanya, hehhe. Tujuan utama kami kemari untuk melihat kebun bunga Matahari, namun bunga Matahari nya blm terlalu banyak dan sedang menghadap ke timur, alias ke sisi seberang taman, jadi dari sudut foto yg mudah dijangkau sulit mendapat foto bunga Matahari yang paripurna. Bunga Celosia atau kembang jengger ayam berwarna merah dan kuning ini yang paling Instagramable, warnanya kontras dan jumlahnya banyak. Tanaman bunga ini sudah diatur dalam alur tertentu sehingga memudahkan pengunjung untuk lewat dan berfoto. Buat yang ingin punya tanaman seperti ini di rumah, taman ini juga menyediakan bibit bunga dan biji untuk diperjualbelikan. So, pencinta bunga bila ke Yogya wajib kemari ya," tulis Instagram @Feryariskadewi, dikutip Jumat (11/1/2019).

Kebun Bunga Resoinangun Garden Yogya memiliki berbagai koleksi bunga indah yang ditata rapi di lahan yang luas. Di sini juga terdapat spot-spot Instagramable  untuk berswafoto. Banyak poperti yang disediakan pengelola untuk menunjang hasil foto yang indah, seperti kursi kayu, sepeda hias, becak, ayunan hingga gardu pandang. Bagi wisatawan yang gemar fotografi tentunya lokasi ini sangat rekomended.

Resoinangun Garden berada di Jalan Jalur Lintas Selatan. Lokasinya di timur TPR Samas, Selatan Jalan. Tepatnya berada di alamat Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute menuju Kebun Bunga Resoinangun Garden Jogja sangat mudah dijangkau. Bila wisatawan dari Kota Yogya, dapat menuju Jl. Bantul – JL. Samas. Rute dari kota ini tinggal lurus saja sampai ke Pesisir pantai selatan Yogya. Mengenai jam buka, Kebun Bunga Bantul Resoinangun Garden ini buka pada pukul 06.00 hingga 19.00 WIB.


Editor : Vien Dimyati