Air Terjun Bayang Sani, Alirannya Tampak Indah karena Bertingkat

Vien Dimyati ยท Senin, 03 Desember 2018 - 16:18 WIB
Air Terjun Bayang Sani, Alirannya Tampak Indah karena Bertingkat

Pesona air terjun Bayang Sani. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada hal menarik yang dapat dieksplor ketika Anda berwisata ke Sumatera Barat. Selain pegunungan, danau dan pantai, Anda dapat menikmati keindahan air terjun yang memesona.

Apalagi jika Anda berkunjung ke Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Di sini terdapat air terjun cantik yang memiliki tujuh tingkatan. Tingkat pertama memiliki ketinggian 80 meter, terdiri dari air terjun yang bercabang tiga yang mengalir meliuk-liuk di atas bebatuan cadas.

"Ada destinasi unik apa saja di daerahmu. Sumatera Barat selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, ternyata wisata alamnya juga banyak yang unik dan menarik. Salah satunya Air Terjun Bayang Sani. Lokasinya berada di Kampung Kota Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan Air Terjun Bayang Sani ini masih asri dan rimbun oleh pepohonan. Pasalnya, air terjun ini punya 7 tingkat. Air terjun tingkat pertama ini ketinggiannya sekitar 80 meter, terdiri dari air terjun yang bercabang tiga yang mengalir meliuk-liuk di atas bebatuan cadas. Air terjun tingkat pertama inilah yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung. Tak jauh dari air terjun ini, terdapat objek wisata Jembatan Akar yang melilit membentangi Sungai Batang Bayang. Sangat unik," tulis Instagram Pesonaid_Travel, Senin (3/11/2018).

Air Terjun Bayang Sani berhulu dari rimba perbukitan Lumpo yang masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat sehingga airnya terasa sejuk dan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama.

Wisata Air Terjun Bayang Sani ini juga menjadi ikon destinasi wisata air terjun terbaik oleh Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan. Sementara itu, beberapa kilometer dari wisata air terjun itu juga terdapat objek wisata Jembatan Akar yang membuat para wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah akan takjub dengan keunikannya. Akarnya melilit membentangi Sungai Batang Bayang.


Editor : Tuty Ocktaviany