Alternatif Wisata di Yogya saat Lebaran, Pantai Watu Kodok Miliki Ikon Batu Unik

Vien Dimyati ยท Senin, 03 Juni 2019 - 12:43 WIB
Alternatif Wisata di Yogya saat Lebaran, Pantai Watu Kodok Miliki Ikon Batu Unik

Pantai Watu Kodok Miliki Ikon Batu Unik (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pantai yang memiliki pasir putih dan air laut berwarna biru ini terlihat sangat indah. Terdapat beberapa batu karang yang terjal di sekitar pantai yang terletak di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Batu-batu karang inilah yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Bahkan, ada dua batu karang yang menjadi ikon pantai ini. Bentuknya menyerupai kodok.

"Pantai ini diberi nama dengan Pantai Watu Kodok karena terdapat dua batu karang bentuknya menyerupai kodok yang artinya katak. Batu karang itu terletak pada sisi barat dan timur Pantai Watu Kodok. Batu karang yang berbentuk kodok itu yang menjadi ikon dari pantai ini. Penasaran seperti apa? langsung saja yuk rencanakan liburanmu ke Pantai Watu Kodok!" tulis Instagram @visitjogja, dikutip Senin (3/6/2019).

Pantai Watu Kodok memiliki kontur yang landai dengan garis pantai luas dan memanjang. Di sepanjang area pantai banyak ditumbuhi pohon cemara udang dan pandan laut. Anda bisa berteduh dan istirahat di sini. Gazebo-gazebo juga dibangun di sekitar pepohonan ini.

Tebing yang berada di sisi pantai juga dapat dijelajahi. Jadi, Anda lihat laut dari ketinggian, seperti di Uluwatu, Bali. Selain pemandangan alam yang menawan, Anda dapat menemukan replika kapal di atas tebing. Kapal ini menghadap ke Samudera Hindia, sehingga Anda bisa seolah-olah naik kapal dari ketinggian.

Di bawah tebing pun tak kalah asyik, ada karang-karang yang eksotis. Anda bisa mendirikan tenda di sepanjang garis pantai atau di area yang banyak ditumbuhi pepohonan. Keamanan di pantai ini sudah bagus karena warga selalu ada yang berjaga dan berkeliling untuk memastikan keamanan pengunjung yang camping.

Berenang selalu menjadi aktivitas yang meyenangkan saat berada di pantai. Termasuk di pantai ini. Pesisir Pantai Watu Kodok relatif aman untuk berenang, selama tidak terlampau jauh ke tengah. Waktu terbaik ke Pantai Watu Kodok adalah sore hari, sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai ini juga menyediakan fasilitas warung di pinggiran pantai. Ada tempat duduk yang nyaman. Bisa juga menyewa tikar untuk bisa menikmati keindahan alam. Tak hanya itu, Pantai Watu Kodok juga difasilitasi musala dan toilet. Tiket masuk terbilang murah, hanya Rp5.000 per orang dan biaya parkir Rp2.000 sampai Rp5.000 per kendaraan.

Mengunjungi Pantai Watu Kodok, Anda bisa sekaligus mampir ke dua wisata pantai lainnya, yaitu Pantai Sepanjang dan Pantai Drini. Letak Pantai Watu Kodok berada di tengah keduanya. Jika hendak ke Pantai Sepanjang, Anda tinggal naik ke tebing sebelah kanan. Sementara, jika ingin lanjut ke Pantai Drini, bisa naik ke tebing sebelah kiri.

Pantai Watu Kodok berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari Malioboro. Anda bisa menuju ke arah Wonosari, menyusuri rute ke arah Pantai Baron. Memasuki pintu gerbang Pantai Baron, belok kanan, menuju arah Pantai Indrayanti. Dari situ terdapat papan petunjuk menuju ke arah Pantai Watu Kodok.


Editor : Vien Dimyati