Belum Move-On dari Libur Lebaran, Yuk Jelajahi Pantai Watunene Gunungkidul

Vien Dimyati ยท Senin, 10 Juni 2019 - 10:04 WIB
Belum Move-On dari Libur Lebaran, Yuk Jelajahi Pantai Watunene Gunungkidul

Jelajahi Pantai Watunene Gunungkidul (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak objek wisata menarik untuk jelajahi. Bahkan, keindahannya membuat siapa saja tidak bisa move-on. Terutama jika Anda yang Libur Lebaran di Yogyakarta.

DIY memiliki pantai-pantai eksotis. Salah satunya Pantai Watunene yang berada di Kabupaten Gunungkidul yang memang terkenal dengan koleksi pantainya.

Sebagian besar pantai di Gunungkidul menghadap langsung ke Samudera Hindia. Jadi, Anda bisa menyaksikan laut luas dengan deburan ombak yang khas. Begitu juga dengan Pantai Watunene. Salah satu pantai perawan yang ada di DIY.

Pantai Watunene memang tidak terkenal seperti pantai lainnya di Gunungkidul. Mugkin karena lokasinya yang agak tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi. Namun, pantai ini disebut-sebut sebagai Dreamland-nya Gunungkidul. Layaknya Pantai Dreamland di Bali yang begitu tersohor hingga mancanegara.

Pantai yang terletak di antara Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal ini memiliki keindahan alam yang cantik dengan dikelilingi batu-batu karang besar di sekitar pantai. Panorama ini akan terlihat luar biasa jika dilihat dari ketinggian. Anda bisa naik ke atas tebing karst melalui jalan setapak yang menanjak.

Berada di atas tebing, Anda akan merasa seolah sedang di atas benteng kokoh menghadap pantai berpasir putih dan bersih. Tebing ini juga menjadi lokasi strategis melihat sunset.

"Sunrise dipuncak pantai watunene Begitu indah. Pantai yang masih begitu sepi. Pantai watunene, Tepus,Gunungkidul,YK," tulis Instagram @blackdannett, Senin (10/6/2019).

Karena belum begitu ramai, Anda bisa leluasa menjelajahi pantai ini. Anda bisa bermain-main di pinggir pantai, memancing ikan dan juga camping di sini. Tapi, tidak disarankan bermain air terlalu ke tengah, karena ombak di pantai ini relatif besar dan bisa menyeret Anda ke dalam arusnya.

Pantai Watunene masih alami. Karena itu, belum banyak fasilitas umum yang tersedia. Untuk kebutuhan MCK, Anda bisa pergi ke pantai sebelah di balik tebing. Anda juga disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri, karena jarak menuju warung makan lumayan jauh.

Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus ini bisa ditempuh dari Kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi sekitar 2 - 3 jam dengan kendaraan. Tidak ada kendaraan umum yang tersedia untuk mencapai tempat ini, satu-satunya cara hanya menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan dapat di parkir di area parkir Pantai Seruni. Selanjutnya, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di atas bukit.

Setelah membayar retribusi di bagian TPR, Anda perlu sedikit usaha agar bisa mencapai kawasan Pantai Watunene. Jalan yang harus dilalui adalah jalan setapak berbatu dan cukup sempit. Retribusi di pantai ini Rp10.000 per orang.


Editor : Vien Dimyati