Berusia Ribuan Tahun, Pesona Gua Jomblang Terkenal Unik dan Mistis

Vien Dimyati ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 13:26 WIB
Berusia Ribuan Tahun, Pesona Gua Jomblang Terkenal Unik dan Mistis

Pesona Gua Jomblang terkenal unik dan mistis. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik di Gunungkidul yang wajib dieksplor. Mulai wisata pegunungan, pantai, hingga bangunan bersejarah memiliki daya pikat tersendiri.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat wisata, cobalah berkunjung ke Gua Jomblang yang sangat tua. Gua ini berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu.

Keunikan serta keindahan Gua Jomblang sudah tidak terbantahkan. Gua ini berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan, memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Pemandangan menarik ketika berada di dasar gua adalah terdapat hutan purba yang memiliki berbagai jenis tanaman langka hingga bentuk dinding bebatuan unik. Hutan purba dan dinding bebatuan semakin terlihat eksotis ketika cahaya sinar matahari masuk dalam lubang gua, sehingga memancarkan keindahannya. Banyak wisatawan menyebutnya sebagai cahaya surga.

Cahaya ini merupakan fenomena ray of light, karena lokasinya berada di kedalaman 90 meter dari permukaan tanah. Ketika cahaya masuk akan terlihat memukau menyinari tanaman di dasar gua.

"Sinar cahaya membuat keindahan gua ini semakin membuat terpana. Jelajahi kedalaman perut bumi lewat wisata gua di Yogyakarta. Gua Jomblang yang berlokasi di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta merupakan sebuah gua vertikal yang memiliki hutan purba di dasar gua-nya. Gua yang memiliki lorong sepanjang 300 meter ini nantinya akan mengantarkanmu kepada Gua Grubug yang memiliki langit-langit yang akan memancarkan cahaya surga. Buat kamu yang tertarik mencoba perjalanan tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya dan bagikan ke media sosialmu agar semakin banyak orang tahu tentang keunikkan Gua Jomblang! Foto oleh: Google," tulis Instagram @bikinkerenindonesia, Jumat (17/5/2019).

Gua ini merupakan satu di antara dari ratusan hingga ribuan gua yang ada di kawasan karst Gunung Sewu. Asal mula Gua Jomblang, terbentuk dari proses geologi amblesnya tanah di atas, beserta vegetasi yang terjadi pada ribuan tahun lalu di permukaan tanah.

Vegetasi gua Jomblang yang ambles ke dasar gua tumbuh subur, hingga saat ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan hutan Purba Gunung Kidul. Ini dikarenakan jenis tumbuhan yang ada di sini unik dan berbeda dengan tanaman lain yang ada di permukaan tanah di atas gua.

Ketika memasuki gua, Anda akan merasakan suasana mistis. Apalagi banyak cerita sejarah kelam terkait pembunuhan masal anggota PKI pada 1970-1980. Berada di dalam Gua Jomblang, traveler akan menemukan beberapa tumbuhan subur pada dinding kapur. Setelah mencapai ujung lorong, Anda dapat melihat panorama alam menakjubkan.

Di sana terdapat stalagmit raksasa berwarna hijau kecoklatan. Momen tepat untuk memasuki gua ini adalah siang sekitar pukul 13.00 WIB. Sebab saat itu, sinar matahari akan menerobos masuk menembus kegelapan dasar gua. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera untuk berswafoto di sini.


Editor : Tuty Ocktaviany