Cegah Penularan Covid-19, Ingat Jangan Sentuh Benda Ini saat Naik MRT

Okezone ยท Rabu, 08 April 2020 - 21:54:00 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Ingat Jangan Sentuh Benda Ini saat Naik MRT
Mencegah penularan Covid-19 (Foto : Instagram@mrtjkt)

JAKARTA, iNews.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta akan berlaku pada Jumat 10 April 2020. Kali ini, jika Anda masih terpaksa bekerja, atau membeli barang kebutuhan pokok ingat selalu hal ini.

Terutama bagi Anda yang suka bepergian dengan menggunakan transportasi cepat masal, MRT Jakarta. Selama pandemi Covid-19 ada hal yang harus diperhatikan, termasuk tidak memegang benda-benda sembarangan.

Cara tersebut jadi salah satu tindak upaya melindungi diri dari paparan virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Anda harus memahami betul, apa saja benda yang sebaiknya tidak disentuh saat berada di MRT, baik di dalam kereta atau di area stasiun MRT.

Merangkum linimasa akun Instagram resmi MRT Jakarta @mrtjkt” Rabu (8/4/2020) berikut paparan singkat apa saja benda-benda yang tidak boleh disentuh saat naik MRT.

Tombol lift

Tombol lift menjadi salah satu benda yang sering sekali terkena sentuhan banyak orang. Jika Anda harus menggunakan lift, jangan pencet tombol dengan jari tangan langsung.

Pencet tombol lift menggunakan ujung siku yang tertutupi kain baju, atau bisa juga dengan mengalasi jari tangan memakai tisu, sehingga tidak ada kontak langsung dengan kulit. Setelah itu, langsung buang tisu ke tempat sampah dan langsung cuci tangan dengan air dan sabun di toilet yang tersedia.

Handle eskalator

Usahakan tangan tak perlu memegang handle yang ada di tangga berjalan. Jaga keseimbangan diri sebaik mungkin, sehingga tidak perlu menyentuh handle eskalator, yang banyak disentuh oleh penumpang lainnya. Bisa juga menghindari menyentuh handle eskalator ini dengan cara menaiki atau menuruni tangga manual.

Handle di dalam kereta

MRT sudah menerapkan aturan pembatasan jumlah penumpang di tiap gerbong. Ini artinya, gerbong kereta MRT tidak akan penuh sesak dengan penumpang yang membuat Anda harus berdiri. Maka dari itu, hindari. Selain itu, tak perlu memegang handle atau pegangan tangan berwarna kuning yang ada di dalam kereta MRT, meskipun memang kereta rutin dibersihkan oleh petugas. Ada baiknya Anda cukup duduk di bangku berjarak yang sudah disediakan.

Uang tunai

Menghindari memegang uang tunai saat berada di area MRT bisa dilakukan dengan cara sedia kartu pembayaran otomatis, seperti E-money atau kartu jelajah berganda dari MRT Jakarta. Dengan ini, Anda tak perlu mengantre lagi di loket menggunakan uang tunai dan menghindari kontak fisik, dengan petugas di loket transaksi. Selain itu, bisa juga dengan transaksi melalui dompet digital saat bertransaksi di gerai UMKM, yang berada di area stasiun MRT. Anda juga tak perlu menyentuh langsung lembaran uang.

Benda-benda di sekitar peron

Saat menunggu kedatangan kereta di dalam peron, hindari menyentuh dan duduk di bangku, menyentuh layar LED atau benda apa pun yang ada di area peron. Sebisa mungkin, berdiri saja di tempat garis antrean yang sudah disediakan. Tujuannya agar tangan Anda tidak kotor sekaligus menjaga jarak dengan penumpang lain. (Pradita Ananda)

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda