Curug Puncak Manik Miliki Batuan Purba, Sembunyi di Geopark Ciletuh Sukabumi

Vien Dimyati ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 00:07 WIB
Curug Puncak Manik Miliki Batuan Purba, Sembunyi di Geopark Ciletuh Sukabumi

Pesona Curug Puncak Manik jadi daya tarik wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Keindahan kawasan Geopark Ciletuh tak perlu diragukan lagi. Tempat-tempat indah nan eksotis berserakan di kawasan ini. Mulai dari gunung, pantai, hingga air terjun.

Menyusuri destinasi wisata di Sukabumi, Jawa Barat ini tak akan ada habisnya. Tak cukup sehari untuk menjelajahinya. Terbaru, kawasan ini memiliki air terjun cantik yan masih alami. Namanya Curug Puncak Manik.

"Curug Puncak Manik yang berada di Kampung Pasir Ceuri Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas merupakan salah satu Geosite Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ayo dolan ke sini, menikmati keindahan panoramanya yang menyejukan mata," tulis Instagram @ayodolan, Selasa (25/6/2019).

Curug ini menjadi bagian terakhir dan tertinggi dari rangkaian air terjun yang mengalir di Sungai Ciletuh. Lokasinya sulit dicapai karena keberadaannya memang sangat jauh. Karena itu, kawasan ini belum banyak dijamah oleh wisatawan. Berbagai jenis binatang liar masih bisa Anda temukan di sini. Tingginya mencapai 100 meter.

Dibanding curug lainnya yang masih ada dalam kawasan Geopark Ciletuh, suasana di Curug Puncak Manik terasa lebih asri. Curug ini memiliki dua undakan yang menjulang di antara bebatuan. Di bawahnya terdapat pula kolam air besar yang cukup dalam. Jika berhasil mencapai puncaknya, Anda bisa melihat Curug Awang dan Curug Tengah karena letaknya berada di bawah aliran Sungai Ciletuh.

Perjalanan menuju ke sana sungguh mengasyikkan. Bagi pencinta petualang, tentu menjadi tantangan yang menggiurkan. Pasalnya, pemandangan di sepanjang jalan begitu menyejukkan. Suguhan hamparan sawah yang luas berbentuk terasering siap memanjakan mata. Belum lagi, segarnya udara pegunungan yang akan membuat perjalanan Anda semakin seru.

Sebelum menikmati air terjun indah beralaskan batu-batuan purba, Anda akan merasakan sensasi menuruni tangga yang sangat panjang. Sebutannya tangga seribu. Berpagar kayu, bertiang tembok, dan bergambar kujang (pusaka lambang Tanah Pasundan).

Tebing-tebing dengan tumbuhan hijau pun menjadi pelengkap keindahan Curug Puncak Manik. Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan pelangi yang kian menyempurnakan keindahan air terjun ini. Untuk saat ini, tiket masuk ke Curug Puncak Manik masih gratis. Anda cukup membayar tiket parkir saja Rp3.000 karena curug ini belum dikelola oleh pihak terkait.


Editor : Tuty Ocktaviany