Curug Sentral, Air Terjun dengan 7 Aliran yang Eksotis di Sukabumi

Vien Dimyati ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 19:05 WIB
Curug Sentral, Air Terjun dengan 7 Aliran yang Eksotis di Sukabumi

Keindahan Curug Sentral (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sukabumi merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki potensi alam menarik untuk dijelajahi. Hawa sejuknya menjadi ciri khas di sini.

Selain memiliki tempat wisata, seperti Pelabuhanratu dan Jembatan Situ Gunung. Traveler harus mengunjungi Curug Sentral yang berada di Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangannya yang indah dan asri tidak akan mengecewakan.

Keunikan tempat wisata ini adalah memiliki tujuh curug dalam satu alisan sungai yang sama. Setiap curug dinamakan dengan angka, yaitu Curug Sentral 1, Curug Sentral 2, hingga Curug Sentral 7.

Masing-masing curug menyajikan keunikannya masing-masing. Curug 1 dan 2 karena saling berdekatan kerap dikunjungi wisatawan. Curug 1 memiliki aliran yang cukup deras, sehingga tidak bisa berenang. Berbeda dengan Curug 2, Anda dapat berenang karena debit airnya tidak terlalu deras.

"Sangat unik. Pada zaman penjajahan Belanda di sekitar kawasan ini sempat didirikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan PLTU, kemudian kawasan ini sering disebut dengan sebutan Sentral. Oleh karena itu, air terjun yang berada di aliran sungai ini semuanya dinamakan Curug Sentral. Di sepanjang aliran sungai ini terdapat sekitar tujuh air terjun, dan semuanya disebut dengan nama Curug Sentral, yang membedakannya setiap air terjun diberi angka masing-masing. Jadi, sebutan untuk masing-masing air terjun tersebut adalah Curug Sentral 1, Curug Curug Sentral 2, sampai Curug Sentral 7 (info via inisukabumi.com). Cukup unik bukan? Dan di foto ini tepatnya di Curug Sentral 2 dengan ciri khas tersendiri," dikutip melalui Instagram @Indoflashlight, Sabtu (9/2/2019).

Awal mula pemberian nama curug ini adalah ketika masa penjajahan kolonial Belanda, tempat ini menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dan diberi nama sentral. Hingga akhirnya, warga sekitar menyebut sebagai Curug Sentral.

Untuk biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dan parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000. Dengan tiket masuk seharga Rp5.000 Anda sudah bisa memasuki keseluruhan dari enam titik curug yang berada di sini.

Jangan lewatkan membawa kamera, karena ada banyak spot foto di sini, seperti di depan air yang mengalir, hingga di bebatuan yang membentuk seperti kolam. Untuk mencapai tempat wisata ini, traveler dapat menggunakan mobil atau motor. Jika dari arah Bogor, Anda dapat menuju Parangkuda - Bojonggenteng - Kalapanunggal - Kabandung.

Jika sedang berada di Sukabumi, Anda dapat mengambil rute Cibadak, kemudian ke arah Cikidang dan bertemu Wisata Baru. Jika sudah berada di Wisata Baru, lanjutkan menuju Kalapanunggal dan ikuti jalur ke Kabandung.


Editor : Vien Dimyati