Deretan Hal Mengejutkan yang Akan Ditemui saat Travelling ke Jepang

Siska Permata Sari ยท Senin, 17 Juni 2019 - 18:46 WIB
Deretan Hal Mengejutkan yang Akan Ditemui saat Travelling ke Jepang

Jepang memiliki banyak keunikan yang menarik wisatawan. (Foto: Covermore)

JAKARTA, iNews.id - Setiap negara menyimpan keunikan tersendiri untuk memiliki sebuah potensi wisata. Budaya, makanan, hingga kehidupan sehari-hari yang unik dan menarik bagi kebanyakan wisatawan asing atau mancanegara.

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki keunikan, bahkan aneh bagi wisatawan dari negara lain. Anda mungkin membayangkan Jepang dengan keramaiannya, tren mode yang nyentrik, atau teknologinya canggihnya.

Tetapi rupanya, Jepang menyimpan kejutan dari kehidupan sehari-hari atau kebiasaan masyarakatnya. Apa saja ya? Mari simak informasinya seperti dilansir dari Live Japan, Senin (17/6/2019).

Tak Ada Tempat Sampah di Jalan

Simpan sampahmu di dalam tas ketika berada di Jepang. Pasalnya, tidak ada tempat sampah di stasiun atau jalan di sana. Ini ternyata berhubungan dengan sejarah saat adanya terorisme domestik terbesar, pada 20 Maret 1995 di mana lima anggota kultus Aum Shinrikyo melepaskan gas mematikan ke stasiun kereta bawah tanah Tokyo selama jam sibuk di pagi hari. Kejadian ini menewaskan 12 orang, melukai kurang lebih 5.000 orang.

Jadi, apa yang harus dilakukan dengan sampah Anda? Di Jepang, cara termudah adalah membawa sampah sampai Anda kembali ke hotel atau datang ke tempat sampah di sebuah toko serba ada di Jepang.

Tidak Boleh Menelepon di Kereta

Mungkin kita terbiasa menggunakan smartphone di kereta, bahkan menerima telepon. Tetapi tahukah Anda bahwa di Jepang, hal ini dianggap mengganggu dan tidak sopan. Pada umumnya, Anda akan mendapatkan penerimaan di kereta api, tetapi meskipun dapat diterima untuk mengirim pesan teks atau menjelajahi internet, orang cenderung menahan diri untuk tidak berbicara di telepon, bahkan dalam keadaan darurat.

Alasannya adalah mencoba untuk tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Jadi jika Anda berada di Jepang dan menerima panggilan telepon saat berada di kereta, tunggu sampai Anda dapat berbicara dengan bebas tanpa risiko melibatkan orang lain di percakapan Anda. Ini juga berlaku di restoran atau ruang publik yang tertutup.

Ada Suara Kicauan Burung di Stasiun

Di negara lain, penutur di stasiun kereta api cenderung hanya mengomunikasikan pesan tentang tujuan kereta kepada penumpang. Di Jepang, banyak stasiun kereta memiliki jenis lagu sendiri. Ini untuk  menunjukkan kapan kereta datang atau bersiap untuk pergi dan umumnya adalah suara kicauan burung.

Tidak Perlu Membuka Pintu Taksi

Uniknya di Jepang saat Anda ingin naik taksi, Anda tidak perlu untuk membuka pintunya. Sebab, pintu di kursi belakang taksi itu otomatis dan pengemudi akan membukanya untuk para penumpang saat mereka mau masuk atau keluar taksi. Ketika Anda berada di Jepang dan membutuhkan taksi, ingatlah untuk tidak membuka pintu sendiri. Pintu akan terbuka dan dalam kasus yang jarang terjadi, pintu taksi akan terbuka sendiri dan pengemudi tidak perlu keluar dari mobil untuk membukakan pintunya untuk Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany