Duet Wishnutama dan Angela di Kemenparekraf, Sektor Pariwisata Ditargetkan Jadi Penyumbang Devisa Nomor 1

Vien Dimyati ยท Selasa, 05 November 2019 - 18:05 WIB
Duet Wishnutama dan Angela di Kemenparekraf, Sektor Pariwisata Ditargetkan Jadi Penyumbang Devisa Nomor 1

Wishnutama dan Angela Tanoesoedibjo optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa nomor satu di Indonesia. (Foto: iNews.id/Vien Dimyati)

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini, pariwisata Indonesia menjadi sektor andalan penyumbang devisa negara. Bahkan ditargetkan dalam lima tahun ke depan, pariwisata menjadi penyumbang devisa nomor satu di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama mengatakan, ditargetkan sebelum lima tahun, pariwisata akan menjadi penyumbang devisa nomor satu di Indonesia. Selain itu, produk ekonomi kreatif Indonesia juga menjadi terbaik di Asia Tenggara, bahkan dunia.

"Dengan digabungnya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami bercita-cita akan menjadikan pariwisata sebagai penghasil devisa nomor satu di Indonesia. Kemudian, produk ekonomi kreatif kita terbaik di Asia Tenggara, bahkan dunia. Dengan demikian, pariwisata dan ekonomi kreatif bisa sustainable atau menjadi sumber kesejahteraan yang tak akan habis," kata Menparekraf Wishnutama, dalam acara 'Ngopi Bareng Mas Tama & Mbak Angela’ di Oeang Coffee Roastery, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menparekraf Wishnutama yang didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan alam dan pemandangan indah yang diberikan oleh Tuhan. Kemenparekraf hanya perlu mengemas lebih menarik, sehingga memiliki dampak terhadap wisatawan mancanegara (wisman).

"Pariwisata dan ekonomi kreatif bisa sustainable. Kekayaan alam dan pemandangan indah yang ada adalah pemberian Tuhan. Kita hanya mengemas dan memiliki dampak, sehingga menjadi sustainable atau sumber kesejahteraannya tidak akan habis. Ini potensi karena pariwisata dan ekraf adalah core untuk devisa,” katanya.

Wishnutama mengatakan, dengan adanya kementerian dan badan justru akan memudahkan untuk mencapai target yang diinginkan. Bahkan, Kemenparekraf sudah berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan badan lembaga untuk mempercepat target.

"Kita juga tidak tambah SDM. Masih pakai SDM yang sama. Peran Wamenparekraf juga akan membantu saya. Selain di berbagai macam hal, Wamen juga membantu saya dalam hal pemikiran yang dicanangkan dan direncanakan," kata Menparekraf.


Editor : Tuty Ocktaviany