Eksotisme Kalibiru Raja Ampat, Airnya Dingin & Indah Sebening Kristal

Vien Dimyati ยท Minggu, 16 Desember 2018 - 10:00 WIB
Eksotisme Kalibiru Raja Ampat, Airnya Dingin & Indah Sebening Kristal

Keindahan Kalibiru Raja Ampat (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan Raja Ampat, Papua Barat, tidak hanya dikenal oleh wisatawan di dalam negeri saja. Bagi wisatawan mancanegara, Raja Ampat sudah sangat populer.

Ada banyak destinasi wisata alam yang dapat dieksplor ketika Anda berkunjung ke Raja Ampat. Tak hanya Misool dan pulau-pulau kecil yang dapat dikunjungi. Raja Ampat juga memiliki destinasi wisata lain, yang dapat membuat wisatawan takjub, yaitu Sungai Kalibiru.

Sungai ini sangat bening seperti kristal biru. Letaknya berada di dekat perkampungan Warsandim yang ada di sekitar Teluk Mayalibit. Memang cukup dalam, dan Anda harus menyusuri hutan untuk melihat permata tersembunyi ini.

"Danau Biru - Menurut beberapa orang yang pernah ke sini Kali Biru ini sangat jernih seperti kristal biru. Untuk sampai ke lokasi tempat wisata ini, sahabat dapat menjangkaunya dengan jalur darat dan jalur laut. Dalam perjalanan darat menuju Kampung Warsambin, wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan yang masih asri di kiri dan kanan jalan," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Minggu (16/12/2018).

Karena berada di tengah hutan, Kalibiru memiliki warna air yang eksotis dan menyala. Bahkan, ketika berenang di sini, Anda akan melihat dasar sungai dengan jelas. Birunya air sungai ini bukan karena ganggang atau tercemar, melainkan karena proses alami dan tidak berbahaya.

Anda jangan kaget ketika berenang di sungai ini, sebab air di Kalibiru sangat dingin. Suhunya mencapai 10-20 derajat celcius. Meski memiliki air yang sangat dingin, tetapi di beberapa sudut muara, airnya agak sedikit hangat.

Kalibiru terletak di pedalaman hutan Raja Ampat, tepatnya dekat dengan Kampung Warsandim, Teluk Mayalibit. Jika ditempuh dari Waisai, Anda butuh waktu kurang lebih satu jam dengan speedboat. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan trekking dari muara tempat kapal bersandar. Kemudian masuk ke dalam hutan sekitar 30 menit. Bagaimana, penasaran dengan kejernihan Sungai Kalibiru di Raja Ampat?


Editor : Vien Dimyati