Eksotisme Pemandian Alam di Tengah Hutan, Sembunyi di Siantar

Vien Dimyati ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 16:11 WIB
Eksotisme Pemandian Alam di Tengah Hutan, Sembunyi di Siantar

Pemandian Pulau Batu jadi destinasi menarik wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Air di pemandian ini sangat jernih dan bersih. Pemandangan di sekitarnya terlihat asri dengan balutan pepohonan rindang yang mengitari. Salah satu objek wisata alam di Kota Siantar ini cocok dijadikan referensi liburan akhir pekan. Namanya Pemandian Pulau Batu.

Lokasinya sekitar dua kilometer dari simpang Jalan Sibatu-batu, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Martoba. Sepanjang jalan sebelum tiba di lokasi, Anda akan disuguhi rindangnya pepohonan yang menyejukkan mata.

Akses jalan menuju Pemandian Pulau Batu memang tidak semulus yang dibayangkan. Hanya dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua, karena jalannya sempit. Di sejumlah titik, ada jalan rusak dan bebatuan. Meski sebagian sudah diaspal.

Masuk ke lokasi pemandian, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp2.000, ditambah Rp1.000 untuk biaya parkir. Pemandian ini memiliki dua kolam. Tempatnya sejuk dan indah. Ada satu titik mata air yang kedalamanya mencapai 200 meter. Mata air itu keluar dari bebatuan.

"Mata air ini masih terbilang tersembunyi. Pemandangan alamnya indah dengan pepohonan rindang, ditambah airnya yang sangat jernih. Cocok buat mandi di siang hari untuk menikmati kesegaran haqiqi yang tiada duanya," tulis Instagram @Indoflashlight, Jumat (16/5/2019).

Tahun 2000 lalu, lokasi ini hanya mata air biasa saja. Pemilik membuat kolam ikan di sekitar mata air. Namun melihat banyak orang yang mandi ke mata air tersebut, muncullah ide menjadikan lokasi ini sebagai tempat pemandian umum.

Pemandian Pulau Batu banyak dikunjungi warga sekitar, terlebih di akhir pekan. Jika pengunjung lapar, tersedia aneka jajanan yang dijajakan para pedagang di tepian pemandian.


Editor : Tuty Ocktaviany