Eksotisme Pulau Saronde, Maldives yang Tersembunyi di Gorontalo

Vien Dimyati ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 13:21 WIB
Eksotisme Pulau Saronde, Maldives yang Tersembunyi di Gorontalo

Pulau Saronde disejajarkan mirip Maldives. (Foto: Indoflashlight).

JAKARTA, iNews.id - Anda pernah mendengar Pulau Saronde? Pulau ini mungkin belum banyak yang mengenalnya, tapi, Anda harus tahu, keindahan Pulau Saronde kerap disejajarkan dengan Maldives. 

Saronde, pulau yang terletak di Laut Sulawesi, tepatnya di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Provinsi Gorontalo ini sanggup memikat orang-orang khususnya para pencinta traveling. Berawal dari pulau kecil tak berpenghuni, Saronde dan kecantikan alamnya menjadi lokasi wisata paling keren yang ada di wilayah utara Pulau Sulawesi.

Hamparan pasir putihnya terasa lembut, air lautnya juga jernih. Berpadu dengan birunya langit dengan pancaran sinar mentari yang selalu hangat. Ini menjadi pemandangan yang luar biasa indah, apalagi saat senja mulai merona, pulau ini akan menawarkan semburat merah senja yang menakjubkan.

Menjelang malam, menjadi momen tepat menghabiskan waktu di pasir putih nan lembut. Pasalnya, pantai ini jarang digulung ombak besar. Suasananya yang romantis akan memikat siapa saja yang datang ke sini. Tak heran, banyak kaum muda yang menghabiskan liburannya di sini.

"Pesona Pulau Saronde, pulau tak berpenghuni di Gorontalo. Perairan di sekitar Pulau Saronde memang sangat bersih dan bening. Sahabat bisa mengunjungi pulau indah ini ketika liburan," tulis Instagram @indoflashlight, dikutip Rabu (13/3/2019).

Para wisatawan yang mengunjungi Pulau Saronde biasanya memilih untuk bermalam selama beberapa hari. Di pulau ini ada beberapa pilihan akomodasi. Wisatawan bisa memilih untuk berkemah di sepanjang pantai atau menginap di cottage yang tersedia. Biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Mulai dari Rp150.000 per malamnya.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan melakukan hal menyenangkan di Pulau Saronde. Salah satu yang menjadi favorit adalah mengeksplor keindahan bawah lautnya. Bagi para pencinta snorkeling, keeksotisan panorama bawah laut Saronde akan memberikan kepuasan tiada tara. Terutama dengan keberadaan ikan warna-warni dan terumbu karangnya.

Anda sekadar ingin menikmati ketenangan? Suasana pantai Saronde cocok dinikmati sambil bersantai atau berkeliling di tepiannya. Berjalan di jembatan kayu yang menghubungkan cottage dengan pantainya juga menarik untuk dilakukan. Anda akan terasa seperti ada di Maldives sungguhan.

Pesona dari Pulau Saronde tak hanya memikat wisatawan lokal, tetapi juga mampu mengundang rasa penasaran wisatawan mancanegara.

Bagaimana Menuju ke Sana

Menuju ke Pulau Saronde sangat mudah. Dari Bandar Udara Jalaluddin Tantu, Anda bisa langsung naik mobil ke Kwadang, Ibu Kota Gorontalo Utara. Kurang lebih, 50 menit waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan sepanjang 31 km. Mobil bisa langsung masuk ke pelabuhan dan dilanjutkan naik perahu ke Pulau Saronde yang berjarak 14,6 km.

Pengelola Saronde akan menawarkan sejumlah paket yang tersedia. Mulai dari paket menginap adventure tiga hari dua malam dengan fasilitas transportasi laut Kwandang-Saronde (pulang-pergi) dengan perahu kayu, welcome drink, makan tiga kali sehari (ikan bakar, dabu-dabu iris, sayur, sambal, air mineral, seafood dan ayam), menginap di cottage darat yang ber-AC (2 orang) atau family cottage ber-AC (4 orang), air tawar bilas dalam cottage 100 liter per hari.

Anda akan mendapatkan bonus perjalanan. Untuk hari pertama, Island hoping dan snorkeling Bugisa dan Mohinggito maksimal tiga jam, termasuk perlengkapan snorkeling. Bonus perjalanan hari kedua, makan di pinggir pantai ala romantic dinner, rural tour Pulau Ponelo.


Editor : Adhityo Fajar