Gili Lawa Darat Terbakar, Ternyata seperti Ini Keindahan Savananya

Vien Dimyati ยท Jumat, 03 Agustus 2018 - 18:01 WIB
Gili Lawa Darat Terbakar, Ternyata seperti Ini Keindahan Savananya

Keindahan Savana Gili Lawa Darat (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kebakaran yang terjadi di Gili Lawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi perbincangan di dunia pariwisata. Savana seluas 10 hektare ini ludes terbakar pada Rabu malam 1 Agustus 2018.

Padahal Savana Gili Lawa merupakan salah satu spot destinasi yang paling diincar wisatawan asing dan lokal. Akibat kebakaran tersebut, keindahan savana di pulau ini jadi terganggu. Lantas, seperti apa keindahan Gili Lawa Darat sebelum terjadi kebakaran?

"Pulau yang cantik banget di sini kami bisa liat sunset yang begitu indah dan kami bisa liat sunrise yang memancarkan sinar indah. Teringat perkataan Uncle Luis, dia seorang ranger yang dituakan d Pulau Rinca, beliau ikut kapal kami pada saat itu. Beliau berkata "kami bersyukur tinggal di tanah Flores ini, tak apa kami tak punya batu bara, minyak ataupun hasil bumi lain. Tapi kami punya alam yang begitu indah dan kami harus menjaganya. Pas dengar kata-kata itu saya langsung diam, beliau pun berkata 'kalau bukan kita orang yang menjaga alam ini siapa lagi.' Yes beliau benar kalau bukan kita siapa lagi. Sedih banget saya pas baca berita Gili Lawa Darat kebakaran. Rasanya pengen marah banget. Kok tega si ngerusak alam. Entahlah berita yang simpang siur apa penyebabnya. Tapi sangat disayangkan banget. Kalian pasti ngerasa sedih banget kalau tahu indahnya Gili Lawa Darat kayak apa dan tiba-tiba rusak," tulis Instagram @bibiy_febriyanti, dikutip Jumat (3/8/2018).

"Pesan saya buat kalian, tiap kali travelling jangan pernah merusak alam yang sudah indah, Tuhan ciptakan dan jangan pernah membuang sampah sembarangan. Jangan melakukan hal-hal yang bikin alam rusak hanya demi foto dan biar dikata anak hits."

Gili Lawa Darat berada di Kawasan Taman Nasional Komodo. Gili Lawa Darat memiliki pemandangan menakjubkan keindahan savana hijaunya. Rumputnya terhampar luas dan indah.

Gili Lawa adalah salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni dari gugusan Pulau Komodo. Ada dua Gili Lawa di sini, yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut yang saling berseberangan. Gili Lawa Darat didominasi dengan perbukitan rumput hijau yang berada di antara Gili Lawa Laut dan Pulau Komodo.

Rerumputan yang ada di Gili Lawa Darat akan berwarna berwarna kuning jika kemarau. Sementara saat musim penghujan berwarna hijau segar. Untuk melihat keindahan Gili Lawa Darat, traveler harus melakukan trekking terlebih dahulu selama satu jam dengan kondisi kotur tanah berpasir. Meski agak sulit, berada di puncak bukit Gili Lawa Darat, wisatawan dapat melihat birunya langit dan keindahan laut yang jernih.

Tak hanya bermain di savana hijau, traveler yang ingin menikmati suasana bawah laut dapat melakukan snorkeling melihat berbagai terumbu karang dan biota laut yang berwarna-warni. Selain itu, jangan lupa untuk berburu sunset dan sunrise yang menakjubkan di bukit ini.

Editor : Vien Dimyati