Indahnya Danau Ranau, Diapit Perbukitan Hijau Layaknya Lukisan Alam

Vien Dimyati ยท Kamis, 18 April 2019 - 09:10 WIB
Indahnya Danau Ranau, Diapit Perbukitan Hijau Layaknya Lukisan Alam

Keindahan Danau Ranau (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Danau terbesar kedua di Sumatera ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Luasnya sekitar 125,9 kilometer persegi. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Danau Ranau dikelilingi perbukitan dan lembah. Untuk sampai ke danau ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 330 km atau 8,5 jam dari kota Palembang.

Selama perjalanan menuju danau, Anda akan melintasi perkebunan dan menikmati suasana pedesaan yang asri disertai pemandangan perairan Sungai Musi yang menjadi daya tarik tersendiri. Suasananya tenang dan jauh dari hiruk-pikuk dan penatnya suasana kota.

"Pasti ada yang ketika sedang galau-galaunya lalu duduk di pinggir danau. Seketika, perasaan menjadi tenang. Selain danau, di mana lagi nih tempat pelarian kamu ketika hati gundah gulana? Danau Ranau yang tenang, diapit perbukitan dan lembah, serta latar belakang Gunung Seminung, menjadi lukisan alam yang tiada duanya. Kalau mau ke Sumatera Selatan atau Lampung, mampir ke sini, ya!" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Kamis (18/4/2019).

Selain dikelilingi perbukitan dan gunung, keindahan Danau Ranau semakin terlihat cantik dengan adanya pulau di tengah danau. Namanya Pulau Marisa. Dengan membayar uang sebesar Rp100.000 hingga Rp150.000 per orang, Anda bisa menumpangi perahu menuju pulau ini. Di Pulau Marisa, terdapat pusat pemandian air panas sulfur. Anda juga dapat merasakan sensasi mandi di air terjun Subik Tuha. Letaknya di sebelah Timur Danau Ranau dan tidak terlalu jauh.

Danau yang memiliki kedalaman mencapai 174 meter ini dihuni berbagai jenis ikan air tawar, mulai dari ikan kepor, keriat, harongan, hingga ikan mujair. Mujair Ranau terkenal karena rasa legitnya yang khas. Anda bisa membelinya langsung dari nelayan setempat. Danau Ranau memang menjadi sumber mata pencaharian bagi nelayan lokal, baik nelayan dari Karang Banding maupun Lampung Barat.

Berada di dataran tinggi dan berdekatan dengan gunung vulkanik, membuat tanah di sekitar Danau Ranau subur dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Salah satu tanaman buah yang banyak ditemui adalah alpukat. Banyak tanaman alpukat yang tumbuh liar dan buahnya bebas dipetik oleh siapa pun.


Editor : Vien Dimyati