Indahnya Pulau Burung di Bangka Belitung, Bebatuan Granitnya Terlihat Ikonik

Vien Dimyati ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 12:08 WIB
Indahnya Pulau Burung di Bangka Belitung, Bebatuan Granitnya Terlihat Ikonik

Indahnya Pulau Burung di Bangka Belitung (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sudah pernah menginjakkan kaki di Pulau Burung? Pulau ini bertetangga dengan beberapa pulau dan pantai eksotis di Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya seperti Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Kepayang, dan Pulau Lengkuas. Pulau yang terdekat adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Belitung menjadi tempat terbaik untuk mengisi liburan Anda. Selain wisatanya yang eksotis, Anda akan disuguhi dengan keindahan alam bernuansa alami. Salah satunya Pulau Burung. Pulau ini memiliki ciri khas batu granit dengan berbagai ukuran. Ini pula yang membedakan antara pulau Belitung dengan pulau-pulau lainnya.

Di pulau ini, Anda bisa melihat batu granit berukuran besar menyerupai kepala burung yang tengah mengerami telurnya. Begitu ikoniknya, banyak wisatawan berfoto dengan latar belakang batu tersebut. Di sekitar Pulau Burung juga masih banyak bebatuan granit yang tersebar dan menghiasi perairannya.

"Meskipun pulau kecil, banyak hal yang bisa kita lakukan di sini, seperti mengitari pantai berpasir putih nan halus serta bersantai di bawah pohon-pohon kelapa nan hijau. Bermain di pantai berair jernih serta dangkal ditemani ombak-ombak kecil juga bisa jadi pilihan lain yang tak kalah menarik, Sobat! Jadi, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Burung saat ke Belitung, ya!" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Kamis (16/5/2019).

Menurut masyarakat sekitar, nama pulau Burung memang diambil dari batu tersebut. Terletak di Pantai Utara Belitung, tepatnya di lepas pantai Desa Nelayan Tanjung Binga, luas pulau ini sekitar dua hektare. Perairan di Pulau Burung sangat jernih, dikelilingi pasir putih yang lembut dan bebatuan granit yang tersebar di laut sekitar pulau dan pantainya.

Ombak di pantainya sangat tenang. Tidak terlalu tinggi dan besar. Datanglah di sore hari, selain suasana sudah semakin sepi, pemandangan matahari tenggelam di pulau ini akan membuat Anda tak rela untuk beranjak pergi.

Di sekitar pantai Pulau Burung terdapat beberapa bungalow yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Selain berjalan-jalan mengelilingi pulau, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berenang, berjemur, foto-foto dan juga snorkeling.

Untuk bisa mencapainya, Anda bisa mengikuti trip hooping island. Salah satu tujuan dari trip ini adalah berkunjung ke Pulau Burung. Dengan mengikuti program ini, Anda akan semakin merasakan kesan yang berbeda karena perjalanan yang dilakukan beramai-ramai akan terasa semakin seru.


Editor : Vien Dimyati