Indahnya Teluk Sarawandori Papua, Warna Airnya Unik Terlihat Berlapis-lapis

Vien Dimyati ยท Senin, 17 Juni 2019 - 09:01 WIB
Indahnya Teluk Sarawandori Papua, Warna Airnya Unik Terlihat Berlapis-lapis

Indahnya Teluk Sarawandori Papua (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Teluk ini memiliki air berwarna biru toska sebening kaca. Pemandangannya terlihat indah sekali. Masyarakat sekitar menyebutnya Teluk Sarawandori. Letaknya di Kampung Sarawandori Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Sekitar 10 kilometer dari Kota Serui. Estimasi perjalanan sekitar 15-20 menit menggunakan mobil maupun motor.

Teluk Sarawandori bagaikan mutiara indah yang tersimpan dan tersembunyi di Papua. Telaga ini belum terlalu dikenal wisatawan dari luar Papua. Jadi, jika datang ke sini, tidak banyak orang yang berwisata atau liburan ke tempat yang cantik luar biasa ini.

"Teluk Sarawandori, potongan surga yang jatuh di Tanah Serui, Papua. Teluk yang berada di Kampung Sarawandori Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen di Papua ini memiliki sebuah teluk yang sangat indah. Masyarakat sekitar menyebutnya Teluk Sarawandori. Ayo dolan ke sini. Teluk ini memliki warna biru toska yang sebening kaca. Yuk dolan ke sini!" tulis Instagram @Ayodolan, dikutip Senin (17/6/2019).

Teluk Sarawandori diambil dari nama Kampung Sarawandori yang terletak persis di bawah Gunung Yamoi. Pemandangan hutan rimbun di setiap sudut tepinya menjadikan suasana Teluk Sarawandori terasa asri dan sejuk. Teluk ini memiliki keistimewaan karena letak geografis terhubung langsung ke Teluk Mioka di sisi utara. Air di sini merupakan kolaborasi antara air tawar dan air laut, membuat warnanya tampak berlapis-lapis.

Letaknya yang jauh dari keramaian, membuat teluk ini masih begitu alami. Belum ada sarana maupun prasarana pendukung seperti penginapan bagi pengunjung atau fasilitas bermain air lainnya.

Untuk menuju ke Pulau Yapen, Anda bisa menggunakan dua alternatif, udara dan laut. Jika waktu Anda sedikit dan kocek cukup tebal, gunakan transportasi udara. Terbang dari Bandara Frans Kaisiepo, Biak, menuju Serui membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Bila dengan kapal, butuh enam jam terombang-ambing di atas laut sebelum sampai Serui.

Perjalanan menyeberang pulau menghadirkan pemandangan menarik. Pulau-pulau kecil bertebaran seperti puzzle. Mata Anda akan dimanjakan dengan campuran biru laut, putih pasir pantai, dan hijaunya pepohonan. Pemandangan paling menakjubkan adalah air laut yang terjebak di antara pulau. Menghadirkan gradasi warna yang epik.

Tak hanya teluk Sarawandori, di pulau ini terdapat Pantai Mariadei yang menawarkan sejuta keindahan, Air Terjun Mantembu yang cukup dingin dengan spot tak kalah bagus. Dan, Tanjung Lobang dan beberapa pulau kecil yang bisa disinggahi.


Editor : Vien Dimyati