Indahnya Waduk Parang Gombong Mirip Switzerland Versi Purwakarta

Vien Dimyati ยท Jumat, 26 April 2019 - 06:04 WIB
Indahnya Waduk Parang Gombong Mirip Switzerland Versi Purwakarta

Indahnya Waduk Parang Gombong di Purwakarta mirip Switzerland. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kabupaten di tanah Pasundan ini memang istimewa. Kota yang terkenal dengan Sate Marangginya ini semakin diincar traveler karena menyimpan banyak destinasi wisata yang memesona. Ada Air Mancur Sri Baduga yang menjadi air mancur termegah se-Asia Tenggara. Ada pula Gunung Lembu dan Gunung Parang yang cocok buat pendaki pemula.

Jika Anda ingin menikmati panorama layaknya di luar negeri, destinasi satu ini bisa jadi referensi untuk disinggahi. Tempat ini masih bagian dari Waduk Jatiluhur. Namanya Waduk Parang Gombong atau sering disebut Pantai Parang Gombong. Netizen bahkan menyebutnya Switzerland versi Purwakarta.

Waduk atau bendungan ini Berlokasi di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi, bisa ditempuh oleh kendaraan roda dua atau roda empat. Perjalanan kurang lebih 30 menit dari Kota Purwakarta menuju arah Jatiluhur. Jalanan menuju ke sini sudah terbilang bagus dengan kontur jalan aspal dan sebagian lagi jalanan beton yang cukup nyaman.

"Untuk para pengunjung yang berniat camping di Purwakarta, tempat ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan luas lahan yang tersedia, bisa memuat lebih dari seratus tenda memungkinkan kita untuk memilih lokasi terbaik untuk nendirikan tenda. Di sini juga banyak warung makanan, Musala dan toilet," tulis Instagram @Indoflashlight, Jumat (26/4/2019).

Pesona keindahan Waduk Parang Gombong memang luar biasa. Meskipun sekadar bendungan, di sini Anda bisa merasakan udara sejuk di alam terbuka. Hamparan bukit berwarna hijau membentang luas sejauh mata memandang. Selaras dengan warna air yang begitu tenang. Menyelami suasana di sekitar waduk, bisa membuat pikiran Anda kembali segar.

Anda juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi waduk. Hal yang paling seru adalah berburu matahari terbenam. Waduk Parang Gombong merupakan salah satu spot sunset terbaik di Purwakarta. Anda bisa menantikan detik-detik sunset yang mengagumkan.

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, Anda bisa berkemah di sekitar waduk. Memancing juga menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan. Tapi, Anda harus mendapatkan izin terlebih dulu dari pihak pengelola. Biaya camping per malam biasanya dikenakan tarif Rp10.000, toilet seikhlasnya.

Untuk urusan makan, di sini sudah banyak warung yang buka 24 jam. Sementara untuk toilet dan musala, sudah disediakan oleh para pemilik warung. Waduk Parang Gombong mempunyai aturan-aturan yang perlu ditaati oleh traveler. Salah satunya tidak boleh terlalu berisik di atas jam 18.00 WIB.


Editor : Tuty Ocktaviany