Inspirasi Libur Lebaran di Bandung, Dapur Caringin Tilu Tempatnya Eksotis

Vien Dimyati ยท Kamis, 06 Juni 2019 - 12:10 WIB
Inspirasi Libur Lebaran di Bandung, Dapur Caringin Tilu Tempatnya Eksotis

Inspirasi libur Lebaran di Dapur Caringin Tilu (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Satu lagi tempat di Bandung yang cozy untuk tujuan libur Lebaran kali ini. Namanya Dapur Caringin Tilu. Di sini, Anda bisa ngemil cantik sambil menikmati pemandangan Kota Bandung yang eksotis dengan kesejukan hawa perbukitan. Tempatnya instagenik, romantis, pastinya indah.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini didominasi kawula muda. Paling ramai pada malam Minggu dan hari libur. Selain menikmati sajian makanan, pengunjung yang datang ke Dapur Caringin Tilu juga ingin menyaksikan keindahan alam ditemani pemandangan ribuan lampu yang menyelimuti Kota Bandung.

Biasanya, mereka memilih gazebo atau saung untuk bersantai dan berkumpul. Saung berdesain tradisional itu memang tidak mnyediakam kursi. Pengunjung harus duduk lesehan sambil menikmati hidangan yang dipesan. Pohon-pohon di sekitarnya menambah keasrian tempat makan ini.

Selain kawula muda, banyak pula keluarga yang datang ke tempat makan ini. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat yang mulai dirintis pada 2008 ini dilengkapi fasilitas penunjang. Di antaranya vila, kolam renang air hangat, restoran, dan gazebo. Setiap malam minggu, Dapur Caringin Tilu selalu mengadakan live music.

"Tempat paling cozy banget buat ngongkrong ditemani kerlap kerlip lampu Kota Bandung. Ayo dolan ke Dapur Caringin Tilu, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini merupakan salah satu alternatif terbaik untuk berkumpul bersama teman dan keluarga dengan suasana alam pegunungan yang khas. Indah pemandanganya, dingin udaranya, dan romantis suasananya. Tag teman kamu!" tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (6/6/2019).

Nama Caringin Tilu diambil dari bahasa Sunda yang artinya tiga beringin, karena dulunya terdapat tiga pohon beringin yang tumbuh di daerah ini. Seiring berjalannya waktu, hanya tersisa satu pohon beringin yang masih bertahan di lokasi ini.

Dapur Caringin Tilu berdiri di atas lahan 700 meter persegi. Terletak persis di kaki bukit Desa Cimenyan. Tepatnya di Jalan Padasuka Atas No. 41, Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tempat ini bisa ditempuh melalui Kawasan Padasuka – Cicaheum.

Membutuhkan waktu sekitar 35 menit dari Kota Bandung. Jalur yang dilalui cukup menanjak dan banyak tikungan. Dapur Caringin Tilu buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB untuk weekday. Sedangkan untuk weekend tutup hingga pukul 01.00 WIB

Cafe ini menyediakan camilan dan makanan ringan seperti pisang, roti bakar, pisang goreng, mi, molen cokelat dan lain-lain. Untuk minumannya, ada minuman khas tradisional seperti bandrek. Aneka makanan berat khas Sunda juga tersedia seperti ayam bakar, nasi liwet, dan nasi tutug oncom.


Editor : Vien Dimyati