Inspirasi Wisata di Bogor, Asyiknya Berenang di Curug Gua Lumut

Vien Dimyati ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 09:10 WIB
Inspirasi Wisata di Bogor, Asyiknya Berenang di Curug Gua Lumut

Keindahan gua lumut di Bogor (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Hijau, jernih, dan bersih. Kesan ini akan Anda rasakan saat mengunjungi Curug Gua Lumut yang berada di Desa Gunung Sari, Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Airnya segar dan dingin, mengalir di antara bebatuan yang besar. Sejuk dan asri.

"Curug Gua Lumut, curug di kawasan wisata Gunung Salak Endah yang nyaman. Airnya jernih dan dingin. Kolamnya cukup besar dengan kedalaman yang pas untuk berenang. Foto from @hadjukemal," tulis Instagram @visitbogor, dikutip Minggu (7/7/2019).

Curug Gua Lumut memang memiliki medan yang cukup berat. Selain harus berkendara selama 25 menit dari gerbang taman nasional, Anda juga harus menuruni tangga berbatu yang cukup licin.

Setibanya di bibir air terjun, Anda akan disambut dengan panorama indah dan menawan. Curahan air jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter, berbalut udara segar khas kaki Gunung Halimun-Salak. Ukuran Curug Gua Lumut memang tidak terlalu besar. Bentuknya seperti lembah.

Bebatuan di curug ini banyak ditutupi lumut dan membentuk gua-gua kecil. Spot favorit pengunjung untuk foto selfie. Tepat di bawah curug terdapat kolam alami yang lumayan besar. Anda bisa berendam atau sekadar bermain air sembari menikmati sejuknya suasana alam pegnungan.

Dasar kolam ini banyak ditumbuhi lumut, lumut inilah yang menjadikan aliran curug seakan berwarna kehijauan jika terkena sinar matahari. Saking jernihnya, Anda bahkan bisa melihat dasar kolam dengan jelas. Walaupun curug ini tidak terlalu tinggi, tetapi kolam di bawahnya memiliki kedalaman kurang dari tujuh meter.

Fasilitas yang disediakan Curug Gua Lumut berupa warung makan, toilet, tempat bilas, parkir, musala. Untuk tiket masuknya, pengunjung akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang. Sudah termasuk asuransi. Parkir kendaraan mobil Rp12.000 dan motor Rp.6.000.


Editor : Vien Dimyati