Intip Keseruan Menpar Kulineran di Surabaya dan Berkunjung ke Museum

Vien Dimyati ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 14:02 WIB
Intip Keseruan Menpar Kulineran di Surabaya dan Berkunjung ke Museum

Menpar kulineran di Surabaya (Foto : Instagram)

SURABAYA, iNews.id - Selalu saja ada hal menarik yang dapat dilakukan ketika berada di Surabaya. Mulai dari berwisata, kulineran, hingga berkunjung ke museum.

Sama halnya dengan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang menyempatkan diri untuk mencicipi lezatnya kuliner Surabaya dan mengunjungi Museum House of Sampoerna. Kunjungan Menpar Arief Yahya ke Surabaya untuk menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

Menpar Arief Yahya menyempatkan untuk mencicipi kuliner khas Surabya di Ria Galeria Restoran, Gubeng, Surabaya, Jumat 8 Februari 2019.

Dalam kesempatan itu, Arief Yahya sekaligus bernostalgia. Dulu dia pernah bertugas di Surabaya dan menjabat sebagai Kepala Divisi Regional 5 Telkom Jawa Timur. “Saya kangen dengan masakan Suroboyoan kulinernya maknyus, dan itu saya temukan salah satu tempatnya di sini,” katanya.

Beberapa kuliner kesukaannya adalah penganan khas lokal yang rata-rata sulit ditemukan di kota lain. “Ada Iwak Pe atau mangut ikan pari seperti ikan mangut di Jawa Tengah. Ada juga lorjuk, peyek udang, bakso, rujak cingur, semuanya enak. Kalau ke Surabaya, jangan lupa wisata kuliner yang khas dan enak-enak,” kata Menpar Arief Yahya.

Dia juga berkeliling ke sejumlah destinasi di Kota Surabaya di antaranya Museum House of Sampoerna. “Ini keren sekali, menambah atraksi wisata di Surabaya. Pengelolanya bilang, museum ini akan dijadikan sebagai one stop destination tourism,” kata Menpar Arief.

Museum itu terletak di Jalan Taman Sampoerna 6 Surabaya, di mana Gedung HOS yang megah dan bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada 1858. Dan sekarang menjadi situs bersejarah yang terus dilestarikan.

Arief Yahya mengatakan, Museum House of Sampoerna (HOS) menawarkan pengalaman yang benar-benar unik bagi pengunjung. Museum ini menyajikan cerita tentang keluarga pendiri sampai melihat dari dekat proses penggulungan rokok yang masih dilakukan secara manual dalam produksi rokok Dji Sam Soe.

Di halaman museum terparkir, bus berwarna merah khusus untuk mengantarkan pengunjung yang ingin berkeliling Kota Surabaya. Di sini pengunjung akan ditawarkan agenda keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara Surabaya Heritage Track.


Editor : Vien Dimyati