Jadi Backpacker ke Lombok, Ini Deretan Tempat Wisata yang Terpopuler Dikunjungi

Vien Dimyati ยท Jumat, 08 November 2019 - 12:52 WIB
Jadi Backpacker ke Lombok, Ini Deretan Tempat Wisata yang Terpopuler Dikunjungi

Inspirasi jadi Backpacker ke Lombok (Foto : Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Siapa bilang Lombok hanya untuk wisatawan berkantong tebal? Dengan modal terbatas, Anda bisa lho liburan ala backpacker ke Lombok, apalagi kalau bisa liburan bersama teman-teman. Dijamin lebih seru dan menyenangkan.

Berada di Lombok, Anda bisa menjelajahi berbagai objek wisata eksotis di sana. Mulai dari pantai, pegunungan, hingga berkulineran. Lalu, bagaimana cara menyiasati bujet liburan ke Lombok? Simak tips liburan ala backpacker berikut ini dirangkum, Jumat (8/11/2019).

Cari Transportasi Murah ke Lombok

Jika Anda berangkat dari Jakarta, wajib hukumnya membeli tiket pesawat jauh-jauh hari supaya mendapat harga bersahabat. Begitu ada promo tiket murah, langsung saja ambil. Alternatif lain yang tak kalah murah, Anda bisa memilih perjalanan darat dan dilanjutkan menyeberang dengan kapal ferry Ketapang-Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar.

Pilih Akomodasi Murah dan Nyaman

Sebenarnya banyak hotel di Lombok yang bersahabat dengan kantong backpacker. Lokasi hotel rata-rata juga strategis, seperti di pusat kota Mataram. Kabar baiknya, hotel murah dan kenyamanan selama menginap itu bisa Anda peroleh jika memesan kamar melalui Airy. Selama ada jaminan kenyamanan, antara lain perlengkapan mandi, Wifi gratis, TV, tempat tidur bersih, dan AC, Anda pasti bisa tidur nyenyak usai menjelajahi pulau eksotis ini.

Sewa Motor agar Irit

Jika Anda berencana menjelajahi pantai dan air terjun di Lombok, sewa motor lebih irit. Selain lebih terasa petualangannya, Anda dan teman cukup merogoh kocek sekitar Rp75.000 per hari (di luar BBM) untuk menyewa motor. Anda pun bebas pergi ke mana-mana tanpa khawatir kesulitan mencari transportasi umum.

Tempat Wisata Murah di Lombok

Sekarang, waktunya membahas tempat wisata murah di Lombok yang cocok untuk backpacker. Anda bisa intip rekomendasi tempat-tempat berikut ini.

Kawasan Cakranegara

Jauh-jauh ke Lombok, rugi kalau belum icip-icip kuliner asli. Ayam taliwang, plecing kangkung, sampai olahan seafood segar pasti menggoda selera. Di sekitar Cakranegara Anda bisa menjumpai deretan warung tenda yang menyajikan semua itu. Selain rasanya luar biasa enak, harganya juga tidak membuat dompet Anda 'merana'. Kenyang dan puas!

Pantai Kuta

Cukup membayar Rp5.000 saja untuk parkir motor, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Kuta Lombok. Dengan garis pantai sekitar 7,2 km, Pantai Kuta punya pesona tersendiri. Anda bisa berenang di pantai yang berpasir putih, naik ke Bukit Mandalika untuk menikmati panorama dari ketinggian, atau sekadar duduk-duduk santai sembari menanti matahari terbenam.

Pantai Tanjung Aan

Berada tidak jauh dari Pantai Kuta, lengkapi petualangan Anda dengan singgah di Pantai Tanjung Aan. Keunikan pantai ini terletak pada tekstur pasirnya yang khas, lebih mirip lada butiran ketimbang pasir. Berenang dan bersantai seraya menyeruput kelapa muda dingin pasti terasa nikmat. Anda juga bisa naik ke Bukit Marese, salah satu spot terbaik untuk mengabadikan Pantai Tanjung Aan yang terbentang luas. Ketika tiba di sini, Anda cukup membayar Rp5.000 untuk biaya parkir motor. Murah kan?

Air Terjun Benang Kelambu

Cari yang sejuk-sejuk, Anda bisa datang ke Air Terjun Benang Kelambu. Hanya dengan Rp5.000, segarnya air kolam jernih dan udara di sekitar kawasan air terjun menyambut kehadiran Anda. Debit aliran air terjun memang tidak terlalu deras. Hal ini disebabkan air menyusup lewat celah tanaman hijau yang merambat di tebing, sehingga menyerupai tirai atau kelambu yang halus. Penduduk setempat percaya, mandi di kolam air terjun bisa membuat Anda awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit. Tertarik datang ke Air Terjun Benang Kelambu di Desa Aik Bukaq?

Seru juga kan berkunjung ke tempat wisata murah ala backpacker? Meski tiket masuknya murah, apa yang Anda dapatkan jelas tidak murahan. Sepadan dengan usaha keras Anda untuk menuju ke sana. Ayo, segera ajak teman-temanmu untuk mewujudkan impian liburan tak terlupakan ke Lombok.


Editor : Vien Dimyati