Jelajahi Keindahan Alam Pulau Pramuka sambil Lihat Penangkaran Hiu

Vien Dimyati ยท Jumat, 09 November 2018 - 09:10 WIB
Jelajahi Keindahan Alam Pulau Pramuka sambil Lihat Penangkaran Hiu

Keindahan alam Pulau Pramuka (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Keindahan pemandangan Kepulauan Seribu tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Memiliki pasir pantai putih bersih, serta air laut yang jernih. Kepulauan Seribu memiliki gugusan pulau cantik yang dapat dijelajahi, mulai dari Pulau Puteri, Bidadari, Tidung, hingga Pramuka.

Jika Anda ingin mendapatkan pemandangan indah suasana pantai yang masih alami, tidak ada salahnya mengunjungi Pulau Pramuka. Pulau ini letaknya di bagian tengah dari gugusan Kepulauan Seribu, tepatnya di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Pulau Pramuka saat ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang banyak disukai wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak keindahan di Pulau Pramuka yang dapat dieksplor.

"Ini dia salah satu dari seribu keindahan di Kepulauan Seribu, namanya Pulau Pramuka. Asal mula nama pulau ini karena adanya kegiatan kepramukaan. Sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta. Banyak yang menarik di pulau ini, terutama satwa khas penghuni Kepulauan Seribu yaitu Penyu sisik atau Eretmochelys Imbricata. Ada juga deretan bakau yang dirintis sejak 1999. Kala sore hari, akan ada pemandangan anak-anak dan ibu-ibu sedang memancing di kawasan hutan bakau. Biota laut apa saja sih yang mereka pancing?," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, dikutip Jumat (9/11/2018).

Kepopuleran Pulau Pramuka, selain karena menjadi salah satu pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, juga karena keadaan pulau dan lautnya masih terjaga. Pemandangan alamnya masih natural. Jadi, jika tertarik berwisata ke pantai, pulau ini bisa menjadi alternatif.

Berada di sini, traveler dapat berenang, bermain di laut, menyelam, memancing atau menikmati sunset atau sunrise di dermaga. Jangan lewatkan pula mengunjungi penangkaran Hiu dan penyu sisik.

Di tempat penangkaran ini, Anda dapat melihat Hiu yang berenang sambil berfoto. Sedangkan di penangkaran Penyu Sisik, Anda dapat melihat budidaya Penyu Sisik mulai dari menetas hingga dilepas ke lautan.

Untuk menuju Pulau Pramuka, traveler dapat memulai dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Dari Muara Angke, Anda bisa menumpang kapal penumpang berukuran sedang yang hanya beroprasi sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pukul 07.00 WIB dan 13.00 WIB.

Selama perjalanan ke Pulau Pramuka, Anda akan disajikan dengan pemandangan laut biru terhampar luas, udara khas laut yang segar, serta pemandangan Jakarta dan Kepulauan Seribu.


Editor : Vien Dimyati