Jelajahi Keindahan Kenawa, Pulau Kosong yang Terpencil di Sumbawa

Vien Dimyati ยท Selasa, 22 Januari 2019 - 09:10 WIB
Jelajahi Keindahan Kenawa, Pulau Kosong yang Terpencil di Sumbawa

Jelajahi keindahan Pulau Kenawa (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Lombok akan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Namun, tahukah Anda, NTB tidak hanya memiliki Lombok saja. Di beberapa tempat, provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata menawan ini juga memiliki Pulau Kenawa.

Kenawa merupakan pulau tidak berpenghuni yang hanya memiliki luas 15 hektare dengan garis pantai membentang sejauh 1,73 kilometer. Kenawa tepatnya berada di Sumbawa Barat. Untuk mencapai ke sini, traveler perlu menyeberang dari dermaga yang berada sekitar 200 meter di sebelah utara pelabuhan Poto Tano.

Tak kalah indah dari Lombok, Kenawa memiliki pemandangan indah, seperti padang rumput yang luas, pasir putih yang lembut, hingga air laut jernih sebening kaca.

"Pulau Kenawa diapit oleh Pulau Karang, Gili Balu, Pulau Paserang dan Gili Bedil yang merupakan daerah lintasan penyeberangan Pelabuhan Tano-Kayangan. Pulau ini sejatinya merupakan pulau kosong alias tidak berpenghuni. Sebagian besar area pulau ini ditumbuhi ilalang dan rumput hijau. Pulau Kenawa mempunyai luas 13,8 hektare dengan garis pantai pasir putih yang membentang sepanjang 1,73 kilometer. Sementara itu terdapat padang rumput seluas 8 hektare membentang di seluruh pulau dan terdapat 11 jenis aneka tanaman mangrove. Sungguh Pulau yang indah," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (22/1/2019).

Tak hanya indah karena pemandangan pantainya. Di tengah Pulau Kenawa ada bukit kecil yang cocok digunakan untuk menikmati sunrise dan sunset. Di tepi pantainya ada banyak gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dari panas matahari.

Saat musim hujan, padang rumput akan terlihat berwarna kehijauan, sedangkan saat musim kemarau, warnanya akan berubah kuning gersang. Rasakan pula untuk berkemah di pulau ini. Karena tidak berpenghuni, Anda akan merasa lebih tenang mendengar deburan suara ombak.

Keindahan lautnya juga masih terjaga, cocok untuk snorkeling. Traveler akan senang melihat warna-warni terumbu karang dan ikan. Bukit kecil di tengah Pulau Kenawa juga bisa didaki. Namun tetap harus berhati-hati, selain memiliki kemiringan 85 derajat, kondisi tanahnya cukup licin.

Akses menuju Pulau Kenawa cukup mudah. Dari Lombok, traveler langsung menuju Pelabuhan Kayangan. Dari Pelabuhan Kayangan, naik kapal feri menuju Pelabuan Poto Tano, Sumbawa. Lama waktu tempuhnya kira-kira 2-3 jam. Dari Pelabuhan Poto Tano, harus sewa kapal nelayan menuju Pulau Kenawa.


Editor : Vien Dimyati