Jelajahi Pulau Mengare yang Eksotis, Traveler Bisa Wisata di Hutan Mangrove

Vien Dimyati ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 09:09 WIB
Jelajahi Pulau Mengare yang Eksotis, Traveler Bisa Wisata di Hutan Mangrove

Keindahan Pulau Mengare yang eksotis (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Destinasi yang berada di Pulau Mengare, Gresik, Jawa Timur ini cukup lengkap. Anda bisa menikmati keindahan alam berupa hutan mangrove, pantai, dan sejarah. Wisata keluarga yang bersifat edukatif ini bernama Exotic Mengare.

Akses menuju ke lokasi ini hanya bisa dijangkau melalui jalur laut. Anda harus menyewa kapal dari warga sekitar. Setelah menyusuri lautan, Anda akan disambut hamparan pasir putih dengan hutan hijau yang lebat di sekelilingnya. Papan kayu bertuliskan Exotic Mengare terpampang jelas seolah menyapa.

"Exotic Mengare yang berupa tulisan pada sebuah papan kayu menjadi spot wajib saat berkunjung ke sini. Spot Exotic Mengare ini tidak jauh dari pintu masuk. Biasanya, spot inilah yang dicari dan diserbu untuk mengambil foto bersamanya. Rasanya ada yang kurang jika berkunjung ke sini tidak foto bareng si papan," tulis Instagram @Gresiktourism, dikutip Kamis (23/5/2019).

Mengunjungi Pulau Mengare, Anda seolah menjadi pemilik pulau ini. Karena Anda tidak akan menjumpai orang sama sekali. Pulau Mengare memang tidak berpenghuni. Anda akan puas memandangi panorama alam yang indah. Pantainya sunyi. Ombaknya landai dan berpasir putih. Sepi dan alami.

Penghuni orisinil dari tempat ini ialah sekumpulan kera-kera liar dan hewan lainnya. Jika beruntung maka Anda akan melihatnya, namun untuk melihatnya Anda harus masuk agak ke dalam area hutan. Anda bisa menikmati pemandangan pesisir utara Pulau Jawa dan merasakan semilir angin laut dari tepi pantai.

Terdapat tujuh genus dan jenis mangrove di pulau ini. Mangrove ini tumbuh secara alami mengelilingi hingga ke sudut pulau. Hutan mangrove ini bisa Anda lihat saat menaiki kapal klotok dari dermaga Mengare menuju Exotic Mengare. Sedangkan, Pantai Ayang-Ayang lokasinya persis berada di sebelah spot Exotic Mengare.

Di sinilah para pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai. Ada beberapa kursi rotan yang telah disediakan pengelola. Pasir Pantai Ayang-Ayang pun terbilang unik, sepintas memang seperti pasir putih namun jika diamati lebih seksama warna putih tersebut ternyata adalah pecahan kulit kerang yang telah lama hancur.

Kawasan Pulau Mengare juga memiliki Benteng Lodewijk, bangunan pertahanan tentara Belanda yang berdiri sejak 1808. Sayangnya, bangunan tua ini sudah rata dengan tanah. Menyisakan sedikit puing-puing reruntuhan. Pemerintah Belanda sengaja merusaknya saat meninggalkan benteng, abrasi juga menjadi faktor yang memperparah kerusakan cagar budaya tersebut.

Untuk mencapai Exotic Mengare butuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kecamatan Gresik. Tiket masuknya sangat terjangkau, Rp30.000, sudah termasuk biaya transportasi perahu. Biaya parkir sepeda motor Rp3.000.


Editor : Vien Dimyati