Jelajahi Tanjakan Sambalado, Jalur Ekstrem di Puncak Gunung Kencana

Vien Dimyati ยท Selasa, 06 November 2018 - 09:10 WIB
Jelajahi Tanjakan Sambalado, Jalur Ekstrem di Puncak Gunung Kencana

Tanjakan Sambalado Gunung Kencana (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda pencinta alam, kegiatan mendaki gunung sudah menjadi hal biasa dilakukan. Mendaki puncak tertinggi, melihat gelombang awan putih, hingga pemandangan nan hijau. Menjelajahi gunung, Anda akan meleati berbagai tanjakan dengan pemandangan menawan.

Ada Tanjakan Cinta di Gunung Semeru, Tanjakan Asu di Gunung Arjuna, Tanjakan Setan di Gunung Gede, hingga Tanjakan Penyesalan di Gunung Rinjani. Masing-masing tanjakan ini menawarkan sensasi berbeda untuk dijelajahi.

Salah satu tanjakan yang tidak bisa dilupakan pendaki ketika melewatinya, yaitu Tanjakan Sambalado di Gunung Kencana, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namanya sama dengan judul lagu penyanyi dangdut Ayu Ting Ting.

Tanjakan ini memiliki kemiringan 45 derajat dan dibentuk dengan batang kayu berdiameter seukuran tangan. Setiap anak tangga memiliki ketinggian sedengkul orang dewasa. Jadi, untuk melangkah naik, dibutuhkan langkah yang lebar dan usaha lebih keras, karena ada ratusan jumlah anak tangga.

"Ada yang pernah melawati trek yang satu ini? Ada yang tahu kenapa dinamakan Tanjakan Sambalado?," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Selasa (6/11/2018).

Tanjakan Sambalado ini menjadi pintu pertama ketika Anda ingin mendaki Gunung Kencana. Tangganya agak terjal, dasarnya berupa tanah dengan akar yang cukup licin. Tetapi tanjakan ini memiliki keunikan dengan bentuknya yang terbuat dari kayu.

Meski harus berjuang menaiki Tanjakan Sambalado, rasa lelah akan tergantikan jika sudah tiba di puncak Gunung Kencana. Dengan ketinggian 1.803 mdpl, Anda akan melihat birunya langit serta pemandangan Gunung Gede. Jangan lewatkan untuk menikmati sunset dan sunrisenya yang terkenal indah.

 


Editor : Vien Dimyati