Kangen Wisata Yogyakarta, Asyiknya Jelajahi Gunung Purba Usai Pandemi Covid-19

Vien Dimyati ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 16:30 WIB
Kangen Wisata Yogyakarta, Asyiknya Jelajahi Gunung Purba Usai Pandemi Covid-19

Wisata Gunung Purba (Foto : Instagram @rico_s7535us)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Indonesia akan mengalami new normal. Masyarakat akan mulai berwisata dengan cara berbeda, yaitu menerapkan protokol kesehatan.

Kali ini, jika selama Pandemi Covid-19 Anda selalu berada di rumah, tidak ada salahnya mulai mengintip objek wisata yang ada di Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak objek wisata menarik untuk dijelajahi. Salah satunya Gunung Purba Nglanggeran.

Jika Anda memilih Yogyakarta sebagai destinasi tujuan untuk berlibur dan mencari petualangan. Tidak ada salahnya berkunjung ke Gunung Nglanggeran. Ini Merupakan salah satu gunung purba yang ada di Indonesia. Gunung ini memiliki usia sekitar 70 juta tahun.

Gunung ini memiliki ketinggian 700 meter dari permukaan laut dan memiliki suhu rata-rata 23-27 derajat celsius. Dulu, gunung ini pernah berstatus aktif, tepatnya sekitar 60-70 tahun lalu. Kemudian, seiringnya proses alam, gunung purba ini dinyatakan tidak aktif.

Meski dinamakan gunung, tetapi jika diamati, Gunung Nglanggeran tidak seperti gunung. Gunung ini lebih menyerupai batu raksasa yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan.

Bahkan para peneliti mengungkapkan, Gunung Purba ini merupakan puncak dari Gunung Merapi. Gunung Ngalanggeran sebenarnya berasal dari gunung api yang berada di dasar laut. Kemudian, terangkat karena proses alam dan menjadi daratan sekitar jutaan tahun lalu.

Puncak dari gunung purba adalah Gunung Gedhe yang memiliki tinggi 700 meter dari permukaan laut, luasnya mencapai 48 hektare.

"Gunung Nglanggeran. Situs Gunung Merapi purba yang dulu aktif puluhan juta tahun lalu, sekarang gunungnya udah nggak aktif dan jadi tempat wisata alam di timur Yogyakarta. Monggo sedoyo sing kelingan lagu banyu langit mergo lirikne iso teko mrene," tulis Instagram rico_s7535us, Selasa (26/5/2020).

Gunung Purba Nglanggeran berada di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Gunung ini berada dalam deretan Pegunungan Baturagung.

Kini, gunung purba menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan mencari destinasi berkonsep ekowisata. Keindahan alam di sini terlihat menakjubkan bahkan tak sedikit pendaki yang menjelajahi puncak gunung purba ini. Bagaimana, tertarik menjelajahi Gunung Purba?

Editor : Vien Dimyati