Keindahan Pantai Wohkudu Gunungkidul yang Terapit dengan 2 Bukit

Vien Dimyati ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 13:59 WIB
Keindahan Pantai Wohkudu Gunungkidul yang Terapit dengan 2 Bukit

Keindahan Pantai Wohkudu Gunungkidul (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan pantai di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selalu saja terlihat memikat. Terutama ketika Anda mengunjungi Pantai Wohkudu. Suasana di pantai ini tenang dan asri. Lokasinya sejuk dengan pemandangan dominan hijau.

Pantai Wohkudu terbilang kecil, lebarnya hanya sekitar 20 - 25 meter. Diapit oleh dua bukit karang membuat pantai ini seolah tersembunyi dari dunia luar. Dua tebing di antara Pantai Wohkudu seperti dinding raksasa. Anda akan merasa aman saat berada di sini.

"Pantai Wohkudu, terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Secercah keindahan di antara dua tebing. Diapit dua tebing dan perbukitan, tidak menghalangi Pantai Wohkudu untuk menampilkan pesonanya. Letaknya yang tersembunyi menambah daya magis dari pantai tersebut. Suasana hening Pantai Wohkudu dan debur ombak yang menyapu bibir pantai menghipnotis kita untuk hanyut dalam relaksasi. Tiket masuk Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (14/3/2019).

Wohkudu merupakan salah salah satu pantai di Gunungkidul yang masih asri, alami dan belum terjamah banyak orang. Pantai ini kerap dijuluki surga tersembunyi. Anda akan menemukan pengalaman dan pemandangan yang berbeda saat berada di pantai ini.

Pantai yang direkomendasikan sebagai tempat camping ini ditumbuhi rerumputan hijau di tepian bibir pantai. Cocok untuk mendirikan tenda. Hamparan pasirnya bersih dan halus. Karena itu, camping di pantai ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Sudah ada area khusus untuk mendirikan tenda bersama pengunjung-pengunjung lainnya.

Suara ombak dan hembusan angin terdengar indah di pantai ini, karena letaknya yang tersembunyi. Anda juga bisa menikmati malam di bawah bintang-bintang sepuasnya. Apalagi ada suara ombak yang jadi hiburan. Pagi hari, mentari akan terbit dengan indah. Langit pun akan terlihat menawan saat matahari akan tenggelam.

Letak Pantai Wohkudu berada di sisi barat Gunungkidul. Untuk ke sini, Anda harus melewati jalur yang panjang dan berjalan kaki untuk menuruni bukit. Jika berangkat dari Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar dua jam. Rute yang bisa dilalui adalah Yogya – Imogiri – Panggang.

Pengelola kawasan pantai sudah menyediakan fasilitas yang paling penting, seperti toilet dan lahan parkir. Toilet untuk kebutuhan MCK dikenakan tarif sekitar Rp3.000 dan untuk lahan parkir dikenakan Rp5.000 per motor. Selain membayar parkir untuk kendaraan, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp3.000 per orang.


Editor : Vien Dimyati

TAG :