Kembangkan Pariwisata Sumbawa, Pelaku Usaha Wisata Diberi Pelatihan

Vien Dimyati ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 00:10 WIB
Kembangkan Pariwisata Sumbawa, Pelaku Usaha Wisata Diberi Pelatihan

Keindahan alam Sumbawa (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki keindahan alam menakjubkan untuk dijelajahi. Namun, dalam pariwisata, tidak hanya keindahan alamnya saja yang perlu diperhatikan.

Masyarakat juga harus sadar wisata dan dapat meningkatkan usaha pariwisatanya. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berupaya untuk meningkatkan kapasitas usaha pariwisata masyarakat di Kabupaten Sumbawa, NTB.

Kasubbid Kemitraan Usaha Masyarakat Kemenpar, Rulyta Marsuri Rachmaesa mengatakan, pihaknya berupaya mendorong masyarakat di Kabupaten Sumbawa, NTB agar semakin kompeten dalam mengembangkan usaha di bidang pariwisata.

“Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada masyarakat agar dapat menemukan potensi usaha di bidang pariwisata,” kata Rulyta, di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Untuk kepentingan itu, pihaknya mengundang pelaku UMKM yang mulai merintis usaha di bidang pariwisata di wilayah Kabupaten Sumbawa. “Sasaran kami agar terwujud masyarakat yang berdaya usaha di bidang pariwisata, di Kabupaten Sumbawa,” katanya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada 9-10 Mei 2019 di Hotel Samawa Transit, Sumbawa, dan diikuti oleh 50 perwakilan yang datang dari berbagai wilayah di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Iskandar D. Mec. Dev mengatakan, potensi pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumbawa masih sangat luas. Pemateri pelatihan pada acara itu yakni Prayitno Basuki (Dosen Universitas Mataram) menyajikan tema Sadar Wisata, Sapta Pesona, dan Wisata Halal.

Selain itu, Lia Afriza (Dosen STIEPAR Yapari Bandung) juga membawakan tema Identifikasi Potensi Desa Wisata dalam Pengembangan Desa Wisata dan Cara Pengelolaan Homestay. “Setelah pelatihan ini kami harapkan ada peningkatan kapasitas usaha masyarakat bidang pariwisata di Kabupaten Sumbawa,” kata Rulyta.


Editor : Vien Dimyati