Kemenparekraf-MNC Group Bersinergi Kembangkan Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Ini Kata Wishnutama

MNC Media ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 00:04 WIB
Kemenparekraf-MNC Group Bersinergi Kembangkan Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Ini Kata Wishnutama

Audiensi jajaran BOD MNC Group bersama Menparekraf Wishnutama dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto : MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng berbagai pemangku kepentingan guna memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Salah satunya, MNC Group.

Kemenparekraf dan MNC Group akan bergerak bersama di berbagai bidang mulai dari membuat event-event pariwisata hingga menciptakan travel pattern baru. Travel pattern merupakan pola perjalanan yang dirancang, dibangun, dan dikemas menjadi suatu komoditas perjalanan yang layak untuk dinikmati.

"Jadi, bukan hanya bicara soal promosi saja, tapi lebih komprehensif lagi. Kerja sama membuat event, membangun destinasi wisata, menciptakan travel pattern baru dan lain sebagainya," tutur Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat menerima audiensi jajaran Board of Directors (BOD) MNC Group di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Tak hanya pariwisata, kata Wishnutama, Kemenparekraf dan MNC Group akan bersinergi mengembangkan ekonomi kreatif di Tanah Air. "Kita juga bicara banyak soal ekonomi kreatif. Industri film, industri konten, industri animasi, industri teknologi digital, dan lain sebagainya. Banyak sekali yang bisa kita kerja samakan," tutur Wishnutama.

Menurutnya, kerja sama dengan MNC Group merupakan langkah penting bagi kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. "Saat presentasi dari MNC, saya lihat banyak sekali peluang-peluang kerja sama untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif bangsa Indonesia," kata Wishnutama didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Direktur Corporate Secretary PT Media Nusantara Citra Tbk Syafril Nasution menegaskan komitmen MNC Group mendukung kinerja Kemenparekraf di bawah komando Wishnutama dan Angela. "Tujuan kami, mendukung program-program pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Syafril.

Pada kesempatan itu, Syafril memaparkan proyek-proyek yang tengah dikerjakan, yang mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya, pembangunan kawasan Lido yang dilengkapi theme park di Jawa Barat.

"Kita akan memiliki theme park di Lido yang bisa menarik para wisatawan ke Indonesia. Selain itu, berbagai macam kegiatan ekonomi kreatif. Harapannya, bisa meningkatkan pendapatan devisa negara," ujar Syafril. 

Lido di Kabupaten Bogor adalah destinasi lifestyle dan entertainment yang bakal mampu mengundang wisatawan domestik dan mancanegara. Kawasan Lido yang akan menjadi ikon Indonesia tersebut sedang dibangun PT MNC Land Tbk (KPIG).

Di lahan seluas 3.000 hektare tersebut akan berdiri kawasan lifestyle dan entertainment terbaik dan terbesar di Indonesia. Di dalam satu kawasan akan terdapat berbagai macam fasilitas, antara lain hotel, villa, lapangan golf, theme park berkelas internasional dan berbagai faslitas lain, dengan pemandangan luar biasa indah ke Gunung Salak dan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Editor : Tuty Ocktaviany