Kemeriahan Imlek di Berbagai Negara, Langit Taiwan Dihiasi Lentera Api

Rahma Sari ยท Sabtu, 17 Februari 2018 - 19:20 WIB
Kemeriahan Imlek di Berbagai Negara, Langit Taiwan Dihiasi Lentera Api

Kemeriahan Imlek di berbagai negara (Foto: Cntraveler)

JAKARTA, iNews.id - Perayaan Imlek diberbagai negara berjalan dengan meriah. Perayaannya bahkan dilaksanakan sampai beberapa hari. Negara-negara seperti China, Hong Kong, Taiwan menyambutnya dengan suka cita.

Di Hong Kong, pesta kembang api yang indah terlihat di Pelabuhan Victoria. Di China, berbagai lampion menghiasi jalan-jalan ibu kota. Ingin tahu kemeriahan perayaan Imlek di berbagai negara di dunia?

Berikut ini lima kota yang merayakan Imlek dengan parade, kembang api, dan festival yang meriah, sebagaimana dirangkum iNews.id dari Cntraveler, Sabtu (17/2/2018).

Beijing, China

Di China, Tahun Baru biasanya waktu untuk kembali ke desa-desa. Tapi Beijing memiliki lebih dari 20 juta penduduk, banyak yang bertahan untuk merayakan di seluruh kota. Ada banyak pameran yang diselenggarakan di taman Ditan dan Longtan yang memeriahkan kota dengan spanduk dan lentera merah. Sebagian besar acara di kota merayakan budaya China, Shijingshan Temple Fair pada tanggal 16-22 Februari. Dalam acara ada juga barang-barang Eropa yang dijual. Selain itu ada juga parade dengan kostum dengan karakter tokoh-tokoh kartun Amerika.

Hongkong

Kembang api raksasa memenuhi langit di atas Pelabuhan Victoria selama perayaan Tahun Baru di Hongkong. Kota ini sangat populer sehingga kursi tribun parade terjual dengan cepat. Balapan kuda di Arena Balap Sha Tin pada hari ketiga Tahun Baru Imlek yaitu 18 Februari akan menampilkan tarian kostum khusus. Selain itu akan ada Hong Kong Disneyland yang akan membagikan hadiah seperti koin emas cokelat yang dibagikan di gerbang masuk.

Taiwan

Acara "Little New Year," di Taiwan merupakan Festival Lentera yang diaksanakan setiap tahunnya. Acara ini bukanlah hal yang kecil, karena kota-kota tuan rumah bersaing untuk memamerkan seni dan atraksi lokal. Acara diadakan pada bulan purnama pertama tahun baru, acara tersebut merupakan perayaan yang penuh dengan kue, permainan, kembang api, nasi yuan (tepung beras). Di Pingxi, ratusan lentera yang terbuat dari kertas ringan dan bola api terbang melintasi langit selama festival. Acara ini diadakan pada awal Maret tahun ini. Penerbangan lampion merupakan simbol membawa harapan untuk tahun yang akan datang kepada para dewa.

Richmond, British Columbia

Meskipun Vancouver telah menyelenggarakan parade Tahun Baru Imlek yang cukup besar selama lebih dari 40 tahun, namun perayaannya sangat meriah. Hampir 60 persen dari pinggiran kota di dekat Richmond adalah keturunan Asia. Golden Village adalah pusat musik live, kembang api, dan berbagai makanan, ditambah dengan kostum singa dan tarian naga. Selain itu Kuil Buddha Internasional pada tanggal 15 Februari juga mengadakan bazaar, menjual  makanan ringan, dan upacara pengabdian malam untuk dibunyikan di tahun yang baru.

San Francisco, California

Baik Chinatown di San Francisco maupun perayaan Tahun Baru Imlek yang diadakan di kota ini merupakan acara terbesar di dunia di luar Asia. Di sana pengunjung akan menemukan pasar terluas, seniman bela diri mengenakan kostum naga emas 200 kaki, dan 600.000 petasan. Parade tersebut diperkirakan menghasilkan sekitar satu juta penonton pada 24 Februari tahun ini dengan menampilkan band, pelampung, dan Miss Chinatown U.S yang baru dimahkotai.

Editor : Vien Dimyati