Keseruan Libur Lebaran di Lombok selain Trawangan, Yuk Intip Gili Kedis

Vien Dimyati ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 12:05 WIB
Keseruan Libur Lebaran di Lombok selain Trawangan, Yuk Intip Gili Kedis

Indahnya Gili Kedis Lombok (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Gili Kedis, si mungil nan cantik di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini ternyata tak kalah menakjubkan dari Trio Gili yang sudah lebih dulu populer, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Gili Kedis terdiri dari hamparan pasir yang ditumbuhi beberapa pohon di bagian tengahnya. Pasirnya putih dengan laut berwarna biru kehijauan yang memantulkan cahaya matahari di siang hari. Sungguh, pemandangan yang sangat memikat.

Nama Kedis berasal dari Bahasa Sasak yang berarti burung kecil atau burung pipit. Mungkin karena wilayahnya yang mungil seperti burung pipit maka gili ini diberi nama Gili Kedis. Sebagian orang menamai pulau ini dengan Romantic Island. Karena pemandangan di Gili ini memang memesona.

"Gili Kedis yang mungil menjadi tempat seru untuk jalan santai berkeliling pantai. Semilir angin dan deburan ombak siap menemani kamu menikmati panorama laut yang menawan. Tak hanya itu, Gili Kedis juga menjadi tempat yang seru buat foto. Nah, sebelum perjalanan berakhir, menikmati bawah lautnya untuk menyapa ikan-ikan di air jernih jangan sampai terlewatkan. Yuk, segera agendakan rencana liburanmu, Sobat!" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Jumat (7/6/2019).

Pulau kecil nan ekostis ini terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Saking kecilnya, hanya perlu kurang dari 10 menit untuk mengitari pulau ini. Airnya jernih. Anda bisa melihat dasar pantai yang berpasir putih berhiaskan kerang. Banyak biota laut yang berenang di sekitar Gili Kedis.

Di sekitar pantai juga terdapat bebatuan yang membuat wisata alam ini terlihat eksotis. Anda bisa berenang di sekitar pantainya. Berjemur sembari memandangi laut lepas ditemani deburan ombak yang begitu tenang, atau sekadar bermain air bersama teman. Bayangkan, memiliki pulau pribadi yang hanya diisi oleh Anda, teman, dan kerabat, sungguh tempat yang luar biasa.

Rasakan kelembutan pasirnya, Anda akan betah berlama-lama di sini. Jangan lupa membawa alat snorkeling, banyak spot indah yang bisa Anda temukan saat mengintip alam bawah lautnya. Bintang laut, terumbu karang, serta ikan-ikan lucu akan menjadi teman Anda menjelajahi keindahan bawah laut Gili Kedis.

Anda juga bisa berkemah di Gili Kedis sambil menyantap ikan bakar tangkapan nelayan. Mintalah pada nelayan yang mengantarkan Anda untuk membawa ikan hasil tangkapannya saat Anda berkemah. Para nelayan biasanya senang dan akan membawa hasil tangkapannya. Bahkan, memasaknya untuk Anda jika meminta.

Berjarak sekitar 40 km dari Kota Mataram, Gili Kedis dapat dijangkau dengan perjalanan selama 20 menit dari Pelabuhan Tawun, atau 30 menit dari Pelabuhan Lembar. Anda bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju wilayah Sekotong, karena sulit mencari angkutan umum menuju wilayah Sekotong.

Setibanya di Sekotong, Anda bisa menyewa perahu langsung dari para nelayan, atau menuju pelabuhan Tawun untuk pergi ke Gili Kedis. Ada beragam tarif yang dipatok para nelayan untuk menyeberang ke Gili Kedis. Biayanya sekitar Rp250.000 untuk antar jemput. Disarankan untuk tawar menawar terlebih dulu. Tarif tersebut tidak berkunjung ke tiga gili lainnya di Sekotong.


Editor : Vien Dimyati