Lagi Tren One Stop Shop Khusus Cat Lover, Ini Pilihannya

Vien Dimyati ยท Senin, 06 Juli 2020 - 19:36 WIB
Lagi Tren One Stop Shop Khusus Cat Lover, Ini Pilihannya

Merawat kucing kesayangan (Foto : Instagram@anabulcom)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pencinta kucing, merawat dan memanjakan hewan kesayangan berbulu ini sudah menjadi hobi. Tidak heran jika belakangan ini tren tempat perawatan kucing mulai ramai dicari.

Mencari tempat perawatan kucing yang menyeluruh dan aman bukanlah hal yang mudah, terutama di wilayah Depok. Beranjak dari keresahan tersebut, Riri Ariwarna bersama tiga rekannya membidangi lahirnya one stop shop khusus cat lovers yang diberi nama Anabul Pet Center di kawasan Jalan Kartini, Depok.

Dengan adanya Anabul Pet Center, kini para pencinta kucing di wilayah Depok dan sekitarnya tidak hanya mendapatkan layanan perawatan untuk kucing kesayangannya, tetapi juga bakal memeroleh informasi dan edukasi seputar merawat kucing.

Seperti diungkapkan Riri, masih banyak cat parent di sekitar Depok yang masih awam terhadap hal yang paling sederhana dalam merawat kucing.

"Anabul ini kurang lebih kita ingin gandeng cat parent yang enggak gabung dengan komunitas. Mereka yang enggak masuk komunitas itu ternyata lebih banyak, yang masih awam tuh masih lebih banyak di daerah sini," ujar Riri saat ditemui usai acara Grand Opening Anabul Pet Center dan Meow Talkshow: Seputar Kesehatan Anabul di Depok, Minggu (5/7/2020).

Riri mencontohkan salah satu hal yang paling simpel dan masih jarang diketahui adalah grooming jamur atau mandi jamur. Menurutnya, masih banyak yang berpikiran, grooming jamur itu cukup sekali saja, padahal jamur itu tidak dapat hilang hanya dengan sekali mandi.

Selain itu, juga diberikan edukasi terkait cat show kepada para cat parent yang berkunjung ke Anabul Pet Center. Kendati sangat fokus menggandeng cat parent awam, bukan berarti Anabul Pet Center melupakan segmen komunitas. Justru, keduanya berjalan beriringan.

"Kita sekarang dengan komunitas itu jalannya beriringan, memang bukan lagi target market kita, tapi kita jalan beriringan dengan mereka," kata Riri.

Pada saat kesempatan yang sama, co-founder Anabul Pet Center, Trisetyani Suci mengutarakan, melalui Anabul Pet Center, para cat parent bisa melakukan semua hal yang berhubungan dengan kucingnya.

"Bisa main sama kucing, bisa grooming sama kucing, bisa belanja kebutuhan kucing dalam satu tempat. Ya, konsep kita one stop shopping," ujarnya.

Trisetyani menambahkan jika di Depok masih belum ada
cat cafe seperti Anabul Pet Center. "Kalau pet shop ya pet shop doang, klinik ya klinik doang, jadi kita ini satu-satunya cat cafe di Depok," ujarnya.

"Lalu kelebihannya lagi, di tempat kita, di-grooming-nya bisa dilihat, jadi enggak ada lagi kekhawatiran kucingnya diapa-apakan atau takut dijahatin atau enggak. Karena owner-nya bisa langsung lihat si groomer-nya ngapain kucingnya pas lagi mandiin kucingnya, itu bisa langsung dilihat semua," kata Riri.

Sementara itu, fasilitas-fasilitas lainnya, antara lain cat cafe, cat playground, pet hotel, pet shop, grooming center, dan vets atau praktik dokter hewan. "Cat hotelnya itu juga kita VIP room, jadi bukan sekadar penitipan hewan tapi lebih ke cat hotel," kata Trisetyani.

"Kamar cat hotel-nya sendiri luasnya sekitar 1,5 meter persegi, jadi itu cukup luas buat satu kucing. Air minumnya pakai air minum Aqua, terus makanannya juga makanan premium, diawasi 24 jam sama cat boy, terus ada AC-nya juga di dalam ruangan cat room-nya," katanya.

Sedangkan tarif yang diberlakukan untuk cat hotel ini dimulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000. "Kalau kelas VIP itu rate-nya Rp100.000 untuk per malam. Bisnis akan segera, dan ini di Rp75.000, terus untuk yang ekonomi di Rp50.000," kata Riri.

Meski terletak di Depok, para pencinta kucing yang berkunjung ke Anabul Pet Center ternyata bukan hanya dari wilayah setempat. Trisetyani mengaku jika terdapat juga pengunjung dari Tangerang, Serang, Banten, Bogor, Cibinong, maupun Cibubur. "Jadi bukan hanya di sekitar sini saja, tapi sampai ke luar kota juga," tuturnya.

Editor : Vien Dimyati