Libur Lebaran Asyiknya ke Lombok, Jelajahi Bukit Merese yang Mirip New Zealand

Vien Dimyati ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 09:45 WIB
Libur Lebaran Asyiknya ke Lombok, Jelajahi Bukit Merese yang Mirip New Zealand

Jelajahi Bukit Merese yang Mirip New Zealand (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Lombok, jangan melewatkan kesempatan mengunjungi Bukit Merese. Berada di kawasan Mandalika, bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan memikat hati siapa saja. Bahkan, keindahan bukit ini menyerupai New Zealand.

Dari atas Bukit, Anda bisa melihat pantai-pantai cantik dengan hamparan laut biru dan pasir putih yang memanjakan mata. Bukit ini akan terlihat lebih menarik saat sedang hijau-hijaunya.

"Perpaduan warna antara hijau, putih, dan biru pastinya terlihat menawan, bukan! Uniknya, kita bisa bertemu kawanan kerbau dan melihat mereka asyik bermain lumpur di kubangan. Yang tak kalah menarik, pemandangan matahari terbit dan tenggelam di Bukit Merese, juara! Tak salah bila tempat ini disebut sebagai salah satu spot terbaik menikmati sunset di Lombok. Setuju?" tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Sabtu (8/6/2019).

Masyarakat setempat menyebut bukit ini Merisik, artinya bukit gundul, karena tidak ditemui pepohonan di atasnya. Hanya satu buah pohon di ujung barat bukit yang oleh para pengunjung sering disebut Pohon Galau.

Berada di Bukit Merese, Anda bisa melihat Batu Payung dari kejauhan. Selain itu, menikmati deretan bukit indah berpadu dengan warna rumput hijau, membuat pemandangan terlihat begitu cantik. Semilir angin sejuk membuat suasana terasa semakin asri. Siapapun pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Tak hanya indah, juga menyenangkan.

Bukit yang sering disebut Bukit Cinta ini memang memberikan kesan menarik tersendiri. Saat menaiki Bukit Merese, Anda akan disuguhi gradasi laut jernih dengan warna biru kehijauan. Terdapat fasilitas ayunan dari kayu yang semakin menarik minat wisatawan.

Bukit ini juga digunakan warga untuk menggembala sapi dan kerbau. Rumput hijau segar siap jadi santapan bagi kawanan hewan ternak. Hewan-hewan tersebut tak mengganggu wisatawan yang berkunjung. Justru, kian menambah kesan natural. Bahkan tak sedikit yang berfoto dengan latar sapi maupun kerbau.

Anda bisa melihat dua moment spesial dari sini, matahari terbit dan terbenam. Di jalan setapak saat mulai menaiki bukit, Anda akan melihat papan penunjuk arah yang mengarahkan lokasi melihat sunset atau sunrise. Di penghujung sore, mulailah menaiki bukit ini, lalu nikmati matahari yang perlahan-lahan mulai tenggelam.

Terletak di wilayah Lombok bagian selatan, Bukit Merese masih satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan di wilayah Kuta Lombok. Dari Kota Mataram berjarak sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok sekitar 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Menaiki bukit ini cukup mudah, dari tempat parkir kendaraan, tinggal jalan kaki sekitar sepuluh menit untuk sampai ke atas. Bagian atas bukit sangat luas dan terbagi menjadi beberapa bagian. Masing-masing bagian menawarkan view yang berbeda-beda.


Editor : Vien Dimyati