Megahnya Masjid Kampus Terbesar Asia Tenggara di Yogya, Arsitekturnya Unik

Vien Dimyati ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 16:45 WIB
Megahnya Masjid Kampus Terbesar Asia Tenggara di Yogya, Arsitekturnya Unik

Megahnya Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Istiqlal memang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Tetapi jika Anda ke Yogyakarta, di sini terdapat masjid kampus terbesar se-Asia Tenggara.

Terletak di Jalan Tevesia No. 1 Bulaksumur, Yogyakarta, Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektare dengan luas bangunan  3.142 m2. Masjid yang semula bernama Masjid Sholahudin UGM ini dibangun sebagai peringatan emas UGM ke-50 tahun.

Keseluruhan arsitektur bangunan masjid merupakan karya dari mahasiswa Teknik Arsitektur UGM. Gaya bangunannya memiliki kombinasi arsitektur Masjid Nabawi di bagian interiornya, dengan lengkung-lengkung dan ornamen kaligrafi. Tampak pula sentuhan budaya Jawa, India, dan Tionghoa.

Misalnya, atap masjid yang berbentuk limasan yang menjadi ciri khas rumah Joglo, halaman depan yang berupa pelataran luas dengan sebuah kolam, air mancur, dan beberapa palem menjulang tinggi mengadopsi gaya masjid Taj Mahal. Interiornya didominasi warna emas pada tiang, merah pada marmer, krem pada lantai, dan hijau pada dinding depan. Tiang-tiang besar menambah kesan megah dan kokoh.

Masjid megah ini terdiri dari dua lantai, lantai satu untuk jamaah laki-laki dan lantai dua untuk jamaah perempuan. Kedua lantai tersebut mampu menampung sekitar 5.000 orang jamaah. Daya tampung ini bertambah jika sayap dan halaman masjid juga digunakan sebagai tempat ibadah.

"Siapa yang tak kenal dengan universitas yang satu ini. Ya! Universitas Gadjah Mada yang dicita-citakan banyak orang. Bangunan masjid kampus ini tidak terlepas dari sejarah loh, vistors!" tulis Instagram @Visitjogja, Selasa (11/6/2019).

Masjid Kampus UGM mengusung konsep bangunan ramah lingkungan. Selain dikelilingi halaman yang teduh dan taman rindang, Masjid Kampus UGM nyaris tak memiliki dinding di kedua sisinya. Atap dan kubahnya juga sangat tinggi. Hal ini membuat suasana di sekitar masjid terasa sejuk, meski tidak memasang kipas angin dan AC.

Tak hanya menyandang predikat masjid kampus terbesar se-ASEAN, masjid ini menjadi salah satu tujuan alternatif wisata religi di Yogyakarta. Masjid Kampus UGM juga dilengkapi sarana yang memadai. Tak hanya menyediakan fasilitas penunjang bagi kegiatan ibadah, masjid ini juga memiliki tempat aneka kegiatan produktif yang terletak di kedua sayap sisinya.

Sayap masjid ini berupa ruangan-ruangan dan selasar yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti diskusi hingga pameran. Kemegahan dan keindahannya menjadikan Masjid Kampus UGM kerap digunakan sebagai tempat pemotretan prewedding dan acara akad nikah.

Jika Anda ingin mengunjungi Masjid Kampus UGM ini, akses yang telah disediakan cukup mudah. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan karena wilayah masjid memiliki lahan parkir yang luas. Masuk ke dalam masjid ini pun tidak dipungut biaya.


Editor : Tuty Ocktaviany