Mendaki Gunung Sindoro dan Sumbing sambil Menikmati Negeri di Atas Awan

Vien Dimyati ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 19:50 WIB
Mendaki Gunung Sindoro dan Sumbing sambil Menikmati Negeri di Atas Awan

Keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing di Jawa Tengah (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bagi traveler yang suka berwisata ke Jawa Tengah, pasti sudah tidak asing dengan dua gunung kembar yang populer ini. Dua gunung tersebut adalah Sindoro dan Sumbing. Dua gunung yang selalu memikat wisatawan untuk mendaki.

Sindoro dan Sumbing terletak di wilayah Temanggung dan Wonosobo. Lereng kedua gunung ini dipisahkan oleh jalan raya yang menghubungkan kota kecamatan Parakan dan Wonosobo. Jika berkendara melawati jalan raya ini saat udara cerah, maka puncak kedua gunung terlihat megah berikut lereng gunungnya.

Gunung Sindoro memiliki ketinggian sekitar 3.155 meter dan Gunung Sumbing 3.340 meter. Dari kejauhan kedua gunung ini terlihat sejajar dan sekilas terlihat serupa. Meskipun layak sama-sama dijadikan area untuk pendakian gunung, kedua gunung itu memiliki tradisi yang berbeda jika dikaitkan dengan tradisi masyarakat setempat atas kedua gunung itu.

Pendakian Gunung Sumbing biasanya dilakukan pada malam 21 bulan Ramadan, atau disebut malam selikuran. Selain mendaki gunung, biasanya banyak orang berziarah ke makam Ki Ageng Makukuhan di pundak Gunung Sumbing. Mendaki Gunung Sumbing, Anda akan hamparan perkebunan warga.

Berbeda saat mendaki Sindoro. Anda akan disuguhi keindahan alam seperti Telaga Ajaib dan bunga edelweiss yang bertebaran di Gunung Sindoro.

Biasanya, para pendaki menikmati mendaki dua gunung tersebut untuk menikmati keindahan alam dari puncak tertinggi. Menariknya, di puncak gunung, Anda dapat melihat hamparan awan, terasa seperti negeri di atas awan.

"Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki beberapa mitos dari yang unik hingga mistis. Cerita-cerita inilah yang membuat penasaran dan semakin banyak yang ingin menaklukannya. Apalagi Gunung Sumbing termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Meskipun banyak mitos yang beredar dan tak pernah diketahui kebenarannya, pesona dan keindahannya masih nyata hingga sekarang," tulis Instagram @Pesonaid_travel, Kamis (13/6/2019).

Gunung Sindoro-Sumbing di Jawa Tengah ini menjadi dua dari beberapa gunung favorit para pendaki. Masing-masing punya daya tarik tersendiri dengan suguhan alam yang istimewa. Ada beberapa jalur pendakian dan puncak. Di sekitar kedua gunung ini juga terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti anak gunung, lembah, perbukitan, dan spot wisata alam lainnya.

Hamparan pemandangan hijau nan menawan, pengalaman berada di negeri atas awan juga momen sunset dan sunrise yang memikat, menjadi sajian utama di Gunung Sindoro-Sumbing. Bagaimana, tertarik ingin mendaki Gunung Sindoro dan Sumbing?


Editor : Vien Dimyati