Mengintip Isi Gua Langir Banten, Batuannya Unik Ada yang Mirip Stupa

Vien Dimyati ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 09:10 WIB
Mengintip Isi Gua Langir Banten, Batuannya Unik Ada yang Mirip Stupa

Keindahan Gua Langir (Foto: Instagram )

 

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang memiliki keunikan untuk dieksplor. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga gua. Jika Anda tertarik menjelajahi wisata gua, tidak ada salahnya pergi ke Banten. Di sini terdapat gua unik yang di dalamnya terdapat batu mirip stupa di Candi Borobudur. Tempat tersebut bernama Gua Langir di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Keindahan objek wisata di sini unik karena memadukan wisata pantai dan gua. Pantainya luas dengan hamparan pasir putih yang membentang. Sedangkan gua yang terdapat di belakang pantai menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah.

Keunikan gua yang ada di Pantai Langir ini adalah bentuk bebatuan stalagmit di sini sekilas mirip stupa yang ada di Candi Borobudur. Tidak heran jika gua ini menjadi incaran traveler milenial.

"Liburan itu bukan untuk bermalas- malasan tapi untuk bersenang-senang menikmati petualangan baru yang seru," tulis Instagram @BolangBanten, dikutip Jumat(7/12/2018).

Pantai ini berjarak 1 kilometer dari Kampung Cikaung, tempat di Desa Sawarna yang paling ramai dengan penginapan. Untuk menuju ke sini tidaklah sulit, karena jalannya sudah beraspal dan juga penunjuk jalan yang jelas.

Berada di kawasan ini, traveler dapat menjelajahi gua sambil menikmati pemandangan bebatuan stalagmit dan stalagtit yang terbentuk dari tetesan air sejak ribuan tahun.

Khusus stalagmit yang berdiri tegak di atas lantai gua, beberapanya memiliki bentuk yang menyerupai stupa Candi Borobudur. Bahkan, tak sedikit wisatawan menyebut ini gua seribu candi.

Setelah menikmati suasana gua, Anda dapat bergeser untuk menikmati keindahan pemandangan pantai yang menawan. Menikmati pemandangan birunya laut serta gelombang ombak yang tinggi. Jangan lewatkan untuk membawa kamera ketika berwisata ke Pantai Langir. Bagaimana, apakah Anda penasaran


Editor : Vien Dimyati