Mengintip Pesona Gunung Merbabu dari Salatiga, Keindahannya Mirip Fuji

Vien Dimyati ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 14:03 WIB
Mengintip Pesona Gunung Merbabu dari Salatiga, Keindahannya Mirip Fuji

Keindahan Gunung Merbabu (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews. id - Travelling menikmati alam pegunungan belum lengkap tanpa mengunjungi Gunung Merbabu. Gunung yang menjadi incaran pendaki ini menawarkan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Apalagi jika Anda memandangkan dari sudut Kota Salatiga yang terlihat mirip dengan Gunung di Jepang.

Gunung Merbabu berada di empat kota, meliputi Boyolali, Magelang, Salatiga, dan Semarang. Karakter Gunung Merbabu tidak terlalu curam lebih dominan dengan tanah gembur. Jadi cocok didaki oleh pendaki pemula.

Pemandangan terindah yang paling diincar wisatawan ketika mendaki Merbabu adalah padang savana yang hijau kala musim hujan. Ketika musim panas, savana jadi menguning. Pagi hari, traveler dapat menikmati sunrise pertama muncul di balik celah awan dan perbukitan. Ini menjadi penampakan menakjubkan.


"Ini bukan di Jepang dengan Gunung Fujinya. Tapi di salah satu sudut Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu. Jika ke Salatiga biasanya jalan ke mana saja?," tulis Instagram @wisatasemarang, dikutip Sabtu (12/1/2019).

Waktu tepat untuk melakukan pendakian Gunung Merbabu adalah saat Mei hingga September. Jalur yang disarankan untuk melakukan pendakian gunung adalah via Selo, karena Anda akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan.

Perlu diketahui, Merbabu merupakan gunung yang cukup populer di kalangan para pendaki. Gunung ini memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu berdekatan dengan Gunung Merapi di sebelah selatan dan mempunyai dua puncak tertinggi yakni Puncak Syarif (3.119 Mdpl) dan Puncak Kenteng Songo (3.142 Mdpl) dengan lima kawah, yaitu Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Sambernyowo.


Editor : Vien Dimyati