Menikmati Air Panas di Danau Linting Medan, Tak Kalah Indah dari Toba

Vien Dimyati ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 13:20 WIB
Menikmati Air Panas di Danau Linting Medan, Tak Kalah Indah dari Toba

Keindahan Danau Linting Sumut (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang tidak mengetahui jika Sumatera Utara tidak hanya memiliki Danau Toba. Ternyata, jika pergi mengunjungi Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang, Anda akan menemukan danau vulkanik dengan air panas. Danau ini bernama Linting.

Tidak seperti Toba, Danau Linting belum banyak dikenal wisatawan. Tetapi keindahan alamnya wajib dikunjungi. Keunikan lain dari danau ini adalah memiliki air panas dan tidak berbau belerang. Anda dapat berendam di tepi danau dan merasakan relaksasi air panas dengan suhu 30 derajat celcius.

"Siapa sangka Danau Toba ada saingannya? Ini dia Danau Linting, danau cantik nan memesona di Sumatera Utara. Memang tak seluas Danau Toba, Danau Linting hanya seluas sekitar 1 ha. Tetapi danau kecil ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Air danaunya yang cantik berwarna hijau toska pasti akan memesona siapapun yang datang ke sana. Danau ini juga dikelilingi pepohonan yang besar dan rindang, sehingga menjadi keunikan, dan daya tarik tersendiri bagi Danau Linting. Tepat di bibir danau, terdapat sebuah ayunan yang akan memberi sensasi tersendiri dan pastinya mengesankan. Danau Linting terletak di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Senembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Hanya berjarak kira-kira dua jam perjalanan dari Kota Medan. Bisa jadi list destinasi kalian nih kalau ke Medan atau Sumatera Utara," tulis Instagram @Pesonaid_Travel dikutip Selasa (4/11/2018).

Keindahan alam lain yang dapat Anda rasakan di tempat ini adalah di tepian danau ini terdapat pohon-pohon beringin yang besar dan kecil, membuat sekitar danau terasa sejuk untuk berkumpul bersama keluarga.

Tidak banyak yang dapat diceritakan mengenai asal usul danau ini. Namun, awal keberadaannya tidak terlepas dari cerita legenda yang mengandung mistis. Oleh karena itu banyak aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh pengunjung bila berwisata ke danau Linting di Medan. Pengunjung dilarang berenang sampai ke tengah danau.

Menurut cerita dari penduduk desa setempat, danau Linting Sumatera Utara ini hanya berupa gundukan bukit yang tiba-tiba mengalami getaran yang sangat dahsyat kemudian meletus mengeluarkan suara ledakan yang kencang. Setelah itu terbentuklah cekungan. Cekungan yang berisi air itulah menjadi asal Danau Linting.

Akses menuju Danau Linting memang kurang baik. Kondisi jalan tidak rata, terjal, dan berbatu. Danau ini berjarak sekitar 70 kilimeter dan hanya memerlukan waktu 2,5 jam dari Medan melalui Tanjung Merawan. Kemudian masuk ke Desa Tiga Juhur. Anda juga bisa melewati Deli Tua dan Patumbak, Deli serdang.

Lokasi Danau Linting Medan terletak di tiga desa, yaitu Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelan, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang.


Editor : Vien Dimyati