Menikmati Candi Prambanan dari Puncak Riyadi, Terlihat Lebih Eksotis

Vien Dimyati ยท Rabu, 07 November 2018 - 09:10 WIB
Menikmati Candi Prambanan dari Puncak Riyadi, Terlihat Lebih Eksotis

Keindahan Candi Prambanan (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Candi Prambanan, akan terasa ada yang kurang. Candi yang berada di Kabupaten Klaten, tepatnya perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah begitu terkenal.

Selain merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan juga merupakan candi Hindu terindah di dunia. Pada hari libur, tidak sedikit wisatawan datang untuk berlibur di Candi Prambanan.

Ada banyak cara untuk menikmati kemegahan Candi Prambanan, salah satunya melalui Puncak Riyadi, yang merupakan spot tereksotis memandang kemegahan Candi Prambanan dari atas bukit. Pemandangannya semakin indah dari sisi ini, karena Candi Prambanan berlatarkan Gunung merapi.

"Kompleks Candi Prambanan saat malam hari dilihat dari Puncak Spot Riyadi, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kawasan Spot Riyadi yang mulai populer sejak 2010 lalu ini menjadi pilihan menarik untuk menikmati kemegahan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang berdiri di antara kerlap kerlip lampu perkotaan Yogyakarta. Nama Spot Riyadi ini berasal dari pemilik rumah yang menjadikan halamannya sebagai lokasi wisata untuk menikmati Candi Prambanan dari atas bukit, saat ini Rumah dari Bapak Riyadi sudah dimanfaatkan sebagai warung yang menjual minuman dan makanan, di mana para pengunjung bisa menyantap makanannya sambil menikmati keindahan malam hari Candi Prambanan dari Spot Riyadi. Sebuah cara untuk menikmati Prambanan dengan lebih anggun," tulis Instagram @InfiaTravel dikutip Rabu (7/11/2018).

Titik Riyadi berada di di depan halaman rumah Pak Riyadi yang berada di perbukitan Sambirejo Prambanan. Untuk mempermudah memberikan nama pada titik tersebut digunakanlah nama pemilik rumah yang di dekatnya yaitu Riyadi.

Posisi pemandangan Spot Riyadi menghadap ke arah utara atau arah Gunung Merapi sehingga cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

Namun, momen sunset dan sunrise tersebut hanya dapat dinikmati ketika posisi matahari berada di sebelah utara khatulistiwa. Selain itu, tempat ini cukup menarik digunakan untuk melihat kabut pagi dari atas ketinggian atau gemerlapnya lampu malam hari seperti kawasan Bukit Bintang Gunungkidul.

Puncak Riyadi ini berada di Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Rute menuju spot pemandangan ini dari pusat Kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Yogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut.


Editor : Vien Dimyati