Menikmati Keindahan Dieng saat Terjadi Embun Es, Mirip di Luar Negeri

Vien Dimyati ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 14:27 WIB
Menikmati Keindahan Dieng saat Terjadi Embun Es, Mirip di Luar Negeri

Dieng memiliki pemandangan luar biasa indah. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan Dataran Tinggi Dieng selalu saja memikat wisatawan untuk berkunjung. Apalagi periode Mei hingga Juni 2019, paling ditunggu wisatawan. Pada masa ini, wisatawan dapat menyaksikan fenomena alam yang ada di Dieng yaitu embun es. Seolah traveler sedang berada di luar negeri.

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 derajat Celsius di siang hari dan 6-10 derajat Celsius di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 derajat Celsius di pagi hari dan memunculkan embun beku atau bun upas. Bun upas ini menjadi daya tarik lain jika Anda berwisata ke Dieng.

Embun es Dieng, muncul tiga kali pada periode Mei hingga Juni 2019. Fenomena embun beku ini selalu viral di dunia maya.

Kemunculannya juga membuat banyak warga dari luar daerah penasaran. Hal itu membuat kunjungan wisatawan pada libur Lebaran kemarin meningkat 35 persen.

Dalam keterangannya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, pada 10 hari pasca-Lebaran, wisatawan yang berkunjung ke Dieng sebanyak 127 ribu orang. Padahal periode yang sama pada 2018, hanya sekitar 94 ribu orang. Kisaran kenaikan 30-35 persen.

Menurutnya, tingginya kunjungan ke Dieng banyak dipengaruhi oleh munculnya embun es pada Ramadan. Tercatat, embun es muncul tiga kali. Dua kali pada Mei dan sekali pada 1 Juni 2019.

"Embun es memang masih berpotensi kembali muncul pada musim kemarau ini. Biasanya, embun es muncul pada puncak kemarau, antara Juli-September. Akan tetapi, waktu kemunculan embun es ini tak bisa dipastikan. Sebab, embun es hanya muncul saat suhu turun ke titik beku," ujarnya.

Bagi traveler yang tertarik ke Dieng, jangan lewatkan pula untuk menikmati Dieng Plateau yang merupakan kawasan pegunungan yang memiliki deretan gunung api eksotis.

Deretan gunung ini tampak memesona jika tertutup kabut. Bahkan, banyak yang mengatakan jika Dieng Plateu memiliki pesona keindahan mirip Gunung Fuji di Jepang.

"Hari ini cerah, paginya keluar frost... Dinginyaaaa.... Warrrbyasaah," tulis Instagram @diengsejuk, Selasa (18/6/2019).

Ada banyak objek wisata di Dieng, yang dapat dieksplor keindahannya. Salah satunya Bukit Sikunir yang terkenal memiliki golden sunrise terbaik di Indonesia. Letaknya berada di Desa Sembungan yang menjadi titik start paling populer.

Tidak jauh dari sana, Anda juga wajib mengunjungi Telaga Warna yang berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Telaga ini dikelilingi oleh bukit-bukit. Tidak jauh dari telaga terdapat beberapa gua yang wajib dikunjungi.

Masih banyak spot lainnya yang dapat dikunjungi ketika berada di Dieng. Jadi jangan lewatkan untuk membawa kamera. Anda tidak hanya dapat berburu foto pegunungan eksotis di sini.


Editor : Tuty Ocktaviany