Menikmati Suasana Timur Tengah di Pantai Oetune NTT, Unik Ada Padang Pasir

Vien Dimyati ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 18:47 WIB
Menikmati Suasana Timur Tengah di Pantai Oetune NTT, Unik Ada Padang Pasir

Menikmati suasana Timur Tengah di Pantai Oetune NTT. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Keindahan pantai ini sering disamakan dengan padang pasir di Timur Tengah. Terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), pantai bernama Oetune ini memiliki pasir yang bersih, halus, dan luas.

Anda akan melihat hamparan pasir di sepanjang pinggir pantai. Luasnya sekitar 100 meter persegi. Berkunjung ke sini, Anda seperti berada di gurun pasir. Pemandangannya begitu indah dan memesona.

Hamparan pasir ini bisa digunakan untuk sandboarding karena di sekitar gurun terdapat beberapa gundukan pasir yang menyerupai bukit. Perpaduan antara gurun pasir yang menghampar luas dengan laut lepas berwarna hijau kebiruan memang terlihat eksotis.

Keindahan Pantai Oetune semakin lengkap dengan berjejernya pohon kausari di sepanjang batas pantai. Diperkirakan, usianya sudah puluhan tahun. Tak hanya itu, pantai ini juga menjadi rumah bagi tukik-tukik kecil.

"Pantai yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki pasir yang bersih dan terbentang luas di pinggir pantai. Keindahan pantai ini sering disamakan dengan padang pasir di wilayah Timur Tengah. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri. Referensi foto: (@_aaaallll)," tulis Instagram @Indoflashlight, Rabu (14/8/2019).

Pantai Oetune memiliki karakteristik gelombang pecah yang unik. Gulungan ombaknya saling menyusul, sekitar empat kali dalam semenit. Pasir-pasirnya sangat lembut dan mudah bergerak. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati saat berjalan di atasnya. Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lansekap Pantai Oetune. Anak-anak di sekitar akan senang hati menawarkan dan menjajakan buah lontar kepada pengunjung di sekitar pantai. Harganya sekitar Rp3.000-Rp5.000 per buah.

Sejumlah infrastuktur pendukung sudah melengkapi pantai bergurun ini. Salah satunya seperti belasan lopo yang dilengkapi panggung hiburan, berbagai kios, jalan setapak di bibir pantai, serta toilet. Anda bisa mendirikan tenda di pantai jika ingin menikmati suasana malam yang cerah.

Pantai Oetune terletak di Kecamatan Amanuban Selatan. Jaraknya sekitar 115 km dari Kota Kupang, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Anda dapat menyewa kendaraan terlebih dahulu di Kota Kupang atau menggunakan kendaraan pribadi. Hamparan perbukitan, serta rumah-rumah penduduk khas Timor akan menemani perjalanan Anda.

Letak Pantai Oetune berada sebelum kawasan Pantai Kolbano. Begitu memasuki gerbang Pantai Oetune, Anda akan melihat beberapa Lopo, rumah khas warga Timor Tengah Selatan yang berjajar rapi. Di Lopo ini, Anda bisa beristirahat. Sebelum masuk Pantai Oetune, Anda harus membayar tiket Rp3.000 per orang dan Rp1.000 untuk parkir motor.


Editor : Tuty Ocktaviany