Nikmati Sejuknya Air Terjun Silima Lima, Destinasi Tapanuli yang Diapit 2 Gunung

Vien Dimyati ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 13:24 WIB
Nikmati Sejuknya Air Terjun Silima Lima, Destinasi Tapanuli yang Diapit 2 Gunung

Pesona air terjun Silima Lima menarik hati wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tapanuli Selatan merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki banyak keindahan alam yang dapat memikat wisatawan. Sayangnya, belum banyak yang tereksplor dengan baik.

Salah satunya, air terjun Silima Lima yang berada di Maju Mambe, Marancar, Tapanuli Selatan. Membutuhkan satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Padangsidimpuan untuk mencapai desa ini. Kecamatan Marancar secara geografis berada di lembah sempit yang diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Sibuali Buali dan Gunung Lubuk Raya. Air terjun ini berada di atas ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut.

Untuk mencapai air terjun Silima Lima, Anda perlu melewati beberapa persawahan dan perkebunan, seperti kebun salak atau kebun karet milik warga setempat. Anda juga akan melewati sungai dan beberapa tanjakan serta turunan. Kemudian membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Air Terjun Silima Lima dari pos pertama saat kedatangan.

"Dengan ketinggian sekitar 100 meter menjadikan air terjun ini diminati para traveler. Selain itu jembatan menuju lokasi air terjun sekaligus menjadi daya tarik tersendiri, pasalnya sebelum sampai air terjun biasanya banyak yang berfoto di sini dengan latar Air Terjun Silima-Lima," tulis Instagram @Indoflashlight, Jumat (14/6/2019).

Diberi nama Air Terjun Silima Lima (Sempuran Silima Lima) karena memang jumlah air terjun di wilayah ini adalah lima. Lima air terjun antara satu dan lainnya terpisah dengan jarak yang cukup berjauhan. Untuk berpindah antara satu air terjun ke air terjun lainnya, Anda perlu berjalan kaki. Kondisi jalan yang dilewati terbilang sulit atau ekstrem.

Air terjun ini dikelola oleh masyarakat setempat. Jadi untuk masuk dalam kawasan wisata air terjun cukup membayar Rp2.500 per orang. Berada di Air Terjun Silima Lima ini Anda dapat melihat bagian dasarnya yang terdapat bebatuan besar-besar. Ini menjadi tempat pemandian yang dangkal. Pemandian ini cocok bagi Anda yang tidak bisa berenang.

Perlu diperhatikan, salah satu gunung yang mengapit Air Terjun Silima Lima ini masih aktif, yakni Gunung Sibuali Buali. Gunung ini memiliki geyser dan sumber air panas alami yang ditampung di pemandian umum. Ada dua kolam pemandian umum yang menampung sumber air panas ini, yakni di daerah Sipirok, Bukit Simago-mago.

Jadi, Anda juga bisa singgah menikmati air hangat di tempat pemandian tersebut. Bagaimana, tertarik untuk singgah ke Air Terjun Silima Lima?


Editor : Tuty Ocktaviany