Panorama Pabangbon, Objek Wisata Alam yang Instagramable di Bogor

Vien Dimyati ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 11:16 WIB
Panorama Pabangbon, Objek Wisata Alam yang Instagramable di Bogor

Indahnya panorama Pabangbon (Foto : Instagram@nurulfadhilah758)

JAKARTA, iNews.id - Objek wisata alam yang satu ini belakangan sedang digandrungi oleh traveler milenial. Tempat eksotis bernama Pabangbon menjadi salah satu objek wisata terbaik menikmati alam Bogor.

Pabangbon berada di Perbukitan Gunung Beteng Jawa Barat. Area terpopuler yang banyak didatangi wisatawan adalah rumah pohon, kapal tepi jurang, dan banyak lagi.

Pabangbon menyajikan pemandangan yang indah dari atas rumah pohon. Dari atas ketinggian, Anda akan merasakan udara sejuk dan pemandangan hijau perbukitan.

Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga dapat bersantai di bawah rindang pepohonan sambil bersantap menu favorit yang dibawa dari rumah.

Setelah makan, Anda dapat bersantai di hammock dan menikmati udara yang begitu segar. Jangan lupa bawa kamera untuk berfoto-foto. Pemandangan yang indah di Pabangbon, sayang jika dilewatkan tanpa diabadikan, karena ada banyak spot foto yang keren.

Spot yang paling banyak diminati pengunjung adalah rumah pohon. Anda harus sabar mengantre, jika ingin berfoto di rumah pohon.

Selain di rumah pohon, ada banyak spot foto lain yang indah dan dapat dicoba, seperti papan kayu dengan bentuk love, sarang burung, tangan raksasa, flying fox, ayunan, gardu pandang, perahu kayu, dan jembatan cinta.

Perjalanan menuju Rumah Pohon Pangabon memang cukup menantang, karena melewati tanjakan yang terjal dan belum ada petunjuk jalan. Membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dari pusat Kota Bogor untuk sampai di Pabangbon.

Meski butuh perjuangan untuk bisa sampai ke sini. Rasa lelah akan terbayar dengan panorama keindahan alam Pabangbon.

Harga tiket masuk Pabangbon terbilang murah. Namun, di beberapa spot foto dikenakan biaya tersendiri. Ditambah lagi, pengunjung dapat menyewa jasa fotografer dengan biaya murah.

Anda hanya membayar tiket masuk Rp15.000 per orang. Jika ingin berfoto di spot-spot Instagramable Anda hanya membayar Rp5.000 – Rp25.000. Jika jngin menggunakan jasa fotografer cukup membayar Rp10.000 per 5 foto. Tarif parkir motor Rp5.000 dan Mobil Rp10.000.

Objek wisata Pabangbon buka setiap hari, yaitu pada pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB. Namun, jika cuaca sedang buruk, pengunjung diharapkan turun lebih awal. Karena daerahnya berada di dataran tinggi dan rawan petir.

Wisata Pabangbon Bogor berlokasi di kawasan hutan pinus dan hutan penelitian meranti milik Perhutani. Tempat wisata ini berada di atas ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki panorama alam perbukitan yang hijau dan asri.

Untuk mencapai kawasan wisata ini, Anda bisa mengambil rute menuju ke sana melewati jalan Parung, kemudian melalui Atang Sanjaya hingga sampai ke Leuwiliang. Setelah itu, Anda akan menemukan pertigaan Karacak yang berada sebelum Pasar Leuwiliang.

Ambil rute ke kiri, jalan terus hingga terdapat jalan bercabang dan belok ke kanan, di mana terdapat plang SMP 4 Leuwiliang atau menuju Desa Pabangbon. Objek wisata Pabangbon terletak di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Editor : Vien Dimyati