Pantai Berbentuk Telaga, Spot Eksotis di Lombok untuk Berenang

Vien Dimyati ยท Minggu, 10 Maret 2019 - 10:00 WIB
Pantai Berbentuk Telaga, Spot Eksotis di Lombok untuk Berenang

Pantai Sari Goang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selalu saja ada pantai menawan yang dapat dieksplor ketika Anda travelling ke Lombok. Salah satunya Pantai Sari Goang. Pantai Sari Goang berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pantai ini memiliki keindahan layaknya surga yang tersembunyi. Anda akan disuguhkan Maha Karya Tuhan berupa perpaduan bukit, laut dan batu karang berbentuk segitiga. Di sini, terdapat batu karang dan bukit, serta teluk. Di teluk inilah lokasi paling seru bagi traveler melakukan aktivitas berenang. Arus airnya cenderung tenang.

"Berkesempatan ke TWA Gunung Tunak, di bawah kelola Balai KSDA NTB. Foto di atas adalah salah satu sudut Pantai Sari Goang. Untuk menujunya, butuh kendaraan bergardan ganda, karena jalan berbatu dan cukup terjal," tulis Instagram @genpi_id, dikutip Minggu (10/3/2019).

Pantai yang terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini masih terlihat asri dan alami, karena belum banyak dijamah wisatawan. Selain berpasir putih, kelebihan pantai ini adalah memiliki spot terbaik menikmati sunrise. Jadi waktu yang tepat untuk datang adalah sebelum fajar.

Pantai Sari Goang berbentuk telaga yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil. Tempat ini bagus untuk camping, selain luas, keamanannya juga terjamin karena berada di wilayah TWA yang dijaga oleh Polisi Hutan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB.

Karakteristik Pantai Sari Goang cukup tenang. Ombak yang datang juga tidak terlalu besar. Pantai ini berbentuk teluk dengan pulau kecil di tengahnya yang sekaligus menjadi perisai dari hantaman ombak laut lepas. Dari Pantai Sari Goang, Anda bisa melihat perbatasan antara Lombok Tengah dengan Lombok Timur, Bahkan Pulau Sumbawa.

Menikmati indahnya sunrise di Pantai Sari Goang butuh usaha ekstra, karena akses menuju pantai ini cukup berat dan ekstrem. Namun, bagi yang punya jiwa petualang, justru menjadi tantangan. Ada dua alternatif menuju daerah terluar dari Desa Mertak itu, yakni menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki.

Jika menggunakan sepeda motor, Anda harus berhati-hati, sebab jalurnya menanjak dan berbatu. Sebaiknya gunakan kendaraan jenis trail. Jika berjalan kaki, Anda harus menyusuri jalan setapak yang berliku dan curam melalui tebing dan perbukitan. Namun, lelah perjalanan akan terobati begitu keluar dari hutan. Anda akan disambut deburan ombak yang menghantam tebing dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Untuk mencapai pantai ini, dari Pusat Kota Praya, ambil jalur menuju Kuta. Sampai di Bundaran Interconection Kuta, ambil arah kiri menuju Awang. Sebelum sampai Awang, Anda akan menemukan pertigaan dengan Gapura Bumbangku yang menjadi pintu masuk menuju Gunung Tunak. Sekitar 5 km sampailah di bibir pantai dan batas jalan aspal. Selanjutnya, menyusuri jalan tanah bebatuan dan menanjak sekitar 5 km untuk sampai di Parkiran Taman Wisata Alama yang dikenal dengan ribuan jenis satwa langka itu.


Editor : Vien Dimyati