Pemerintah China Ubah Festival Qingming sebagai Hari Berkabung Nasional

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 07 April 2020 - 14:32 WIB
Pemerintah China Ubah Festival Qingming sebagai Hari Berkabung Nasional

Pemerintah China ubah Festival Qingming sebagai Hari Berkabung Nasional. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Pemerintah China menjadikan Festival Qingming sebagai Hari Berkabung Nasional lantaran banyaknya korban pandemi Covid-19 di China. Biasanya, festival perayaan tradisional untuk menghormati arwah leluhur ini dilakukan dengan meriah.

Dilansir dari BBC, Selasa (7/4/2020), Dewan Negara China di Beijing menghimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang di seluruh wilayah daratan, kedutaan, dan konsulat jenderal China di berbagai negara.

Tak hanya itu, semua tempat rekreasi ditutup sementara selama peringatan tersebut. Masyarakat juga mengheningkan cipta selama tiga menit. Sejumlah kendaraan seperti mobil, kereta api, pesawat dan kapal juga membunyikan klakson secara bersamaan.

Festival Qingming yang oleh kalangan Tionghoa di Indonesia disebut Cengbeng, biasanya diisi dengan ziarah dan bersih-bersih makam para leluhur.

Sebagai informasi hingga kini terdapat 81 ribuan kasus positif virus corona dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 3.322 orang di China. Sementara itu, 14 dokter dan petugas kesehatan ditetapkan sebagai martir oleh pemerintah China.

Editor : Tuty Ocktaviany