Persiapan Mudik ke Yogyakarta, Jangan Lewatkan Selfie di Titik Nol Kilometer

Vien Dimyati ยท Selasa, 04 Juni 2019 - 12:02 WIB
Persiapan Mudik ke Yogyakarta, Jangan Lewatkan Selfie di Titik Nol Kilometer

Wisata di Yogyakarta sambil selfie di Titik Nol Kilometer (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Bisa dibilang, tempat ini adalah jantungnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini hampir tak pernah sepi. Salah satu spot favorit yang selalu ramai dilewati dan dikunjungi orang setiap hari. Keberadaan bangunan-bangunan lawas di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri.

Titik Nol Kilometer, persimpangan yang mempertemukan empat ruas jalan, Jalan KH. Ahmad Dahlan dari sisi barat, Jalan Margo Mulyo dari sisi utara, Jalan Panembahan Senopati dari sisi timur, dan Jalan Pangurakan dari sisi selatan.

Jika Libur Lebaran tahun ini Anda mudik ke Yogyakarta, jangan lewatkan selfie di sini. Ini menjadi spot favorit wisatawan.

"Selalu ada pilihan disetiap perjalanan, selalu ada sesuatu yang mengantarkan kita menuju tempat tujuan. Kalau visitors berlibur ke Yogyakarta, mau berkunjung ke mana nih?" tulis Instagram @visitjogja, dikutip Selasa (4/6/2019).

Titik yang menjadi patokan penentu jarak antar daerah di Yogyakarta ini menjadi tempat dimulainya segala kisah tentang Yogyakarta. Mengunjungi Titik Nol Kilometer akan membawa Anda ke Yogyakarta di masa lalu.

Kawasan di sekitar Titik Nol Kilometer merupakan kawasan wisata sejarah berupa bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda. Kawasan ini juga menjadi sentra perekonomian masyarakat Yogyakarta.

Kilau cahaya terpancar dari bangunan megah bergaya Eropa lama kala senja. Di sekitarnya, tampak pula bangunan kuno lainnya yang seolah membawa Anda sedang berada di Eropa. Titik Nol Kilometer bisa disebut sebagai Eropa-nya Yogyakarta. Alasannya, karena kawasan ini dikelilingi oleh bangunan kuno yang menjadi cagar budaya.

Setidaknya ada enam bangunan, yaitu Benteng Vredeburg, Bank, Kantor pos, Pasar Beringharjo, Monumen Serangan Umum 1 Maret, dan Mirota Batik. Cagar budaya tersebut menjadi saksi bisu sejarah panjang keraton Yogyakarta.

Selain dikelilingi bangunan-bangunan kuno yang megah, di kawasan Titik Nol Kilometer juga terdapat area hijau dengan pepohonan rindang. Bangku-bangku taman yang unik juga terpasang rapi. Penataan ruang di sekitar Titik Nol Kilometer pun kian menambah keeksotisan kawasan ini.

Menjelang malam, gemerlap lampu di sepanjang jalan dan bangunan menjadikan suasana kian semarak. Kawasan ini akan dipenuhi oleh muda-mudi dan warga yang menikmati suasana malam Yogyakarta. Titik Nol Kilometer juga menarik untuk dijadikan objek fotografi. Setiap sudutnya dapat menghasilkan gambar yang indah.

Terletak di Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Titik Nol Kilometer mudah untuk dijangkau. Dari Stasiun Tugu, jaraknya hanya sekitar 15 menit melewati Jalan Malioboro. Bagi pengguna transportasi umum, dapat memakai Bus Trans Yogyakarta. Ada 8 trayek yang melewati kawasan Titik Nol Kilometer dan 3 halte yang berada di sekitarnya.


Editor : Vien Dimyati