Pikat Minat Milenial, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Galakkan Teknologi Digital

Vien Dimyati, MNC Media ยท Jumat, 08 November 2019 - 08:12 WIB
Pikat Minat Milenial, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Galakkan Teknologi Digital

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat rapat kerja perdana Kemenparekraf dengan Komisi X DPR RI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menciptakan destinasi yang memberikan pengalaman mengesankan dan mengoptimalkan teknologi digital untuk menarik milenial di Tanah Air dan mancanegara. Hal itu bertujuan mengeksplorasi destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

"Milenial itu sukanya experience. Jadi yang pasti, kita harus memberikan experience yang baik buat mereka, itu yang pertama," kata Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo seusai menghadiri rapat kerja perdana Kemenparekraf dengan Komisi X DPR RI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).  

Menurutnya, dengan produk yang baik, sustainable, wisatawan akan kembali lagi. "Experience itu yang penting," kata Angela.

Kedua, milenial juga melihat tren. Untuk itu, akan ada kerja sama dengan influencer dan lain sebagainya untuk meningkatkan promosi. Teknologi digital akan dimaksimalkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Anak muda kan getol banget sama digital. Jadi, kita akan lebih galakkan lagi promosi digital," ucapnya.

Promosi digital akan menarik tak hanya wisatawan lokal, tapi juga dari mancanegara. Internet menjadi salah satu sumber informasi andalan bagi wisatawan asing yang ingin datang ke suatu negara. 

"Banyak wisatawan asing mencari informasi mengenai destinasi yang mau dikunjungi lewat digital, bisa lewat website dan lain sebagainya. Jadi, kita akan fokuskan ke digital. Bisa melalui website resmi, influencer-influencer, KOL [key opinion leader] dan sebagainya," tutur Angela.

Anak sulung dari lima bersaudara pasangan Hary dan Liliana Tanoesoedibjo itu menyebutkan, website yang informatif dan kerja sama dengan influencer di media sosial menjadi salah satu langkah yang akan ditempuh untuk mempromosikan pariwisata di Tanah Air.

Tak hanya memanfaatkan kemajuan digital, kata Angela, Kemenparekraf akan mensinergikan pariwisata dengan ekonomi kreatif. Misalnya, mengajak rumah produksi luar negeri untuk mengambil lokasi syuting di berbagai wilayah Indonesia.

"Jadi, pembuatan film itu bisa di Indonesia, background-nya Indonesia. Itu bisa membuat muda mudi yang suka nonton, tertarik dengan Indonesia," tutur Angela yang sudah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan Michael Dharmajaya ini.


Editor : Tuty Ocktaviany